Problema, Sebab dan Akibat Dari Putus Cinta

Reaksi:
Putus adalah kalimat yang paling mengerikan dan ditakuti oleh sebagian orang yang mengalami masa berpacaran. Apalagi itu termasuk dalam kategori cinta pertama. Walau bagaimana pun intinya kita tidak dapat membantah atau pun mengelakkan dengan persoalan ini. Menganggapi hal ini pacaran bukanlah pernikahan, berpacaran bukanlah pertunangan melainkan pengenalan satu sama lainnya. Tanpa disadari hanya karena persoalan sepele, kita bisa saja menghadapi kata putus. Untuk itu kita perlu intropesksi diri :
  1. Jangan Memiliki sifat pembosan
  2. Jangan Terlalu Perfeksionis
  3. Tidak Dapat menerima kekurangan orang lain
  4. Tidak mau memaafkan kesalahan orang.

Berpacaran yang tidak cocok sebaiknya harus diahkiri, mengapa demikian? Karena cinta tidak boleh dipaksakan yang tidak sesuai dengan keingginan hati. Secara sederhana kita tidak merasakan adanya kegetaran akan cinta. Mengapa bisa terjadi pacaran? Karena dari awal kita terlalu memaksakan keingginan sendiri, itulah sebabnya kita harus waspada didalam tahap pertemanan sampai dengan tahap pendekatan.

Apakah kita pernah mengunakan cara  " suka dan tertarik " yang artinya begitu berkenalan beberapa hari kemudian langsung melakukan penembakkan " I Love U " ( main sambar saja )!!! Itulah salah satu penyebab akan kegagalan dimasa berpacaran sekali pun sudah terikat dalam suatu hubungan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kita sering putus cinta, antara lain :
  • Keseringan mengalami kekerasan yang sudah tidak dapat diubah lagi,
  • Terjadinya kebohongan dimasa pacaran,
  • Tidak setia disaat godaan yang datang dan ahkirnya pindah kelain hati,
  • Pola berpikir yang tidak sama dan sering menimbulkan konflik yang tidak dapat diselesaikan,
  • Karakter dengan kebiasaan-kebiasaan buruk yang tidak dapat ditinggalkan lagi, kalau mengalami hal ini ingatlah jangan sampai dibawa dalam pernikahan. Karena pernikahan tidak dapat mengubah karakter pasangan,
  • Dengan adanya pengaruh dari keluarga yang tidak menyetujui atau dilarang orang tua,
  • Adanya kecenderungan untuk menjatuhkan, menjauhkan dari Tuhan, menghambat menuju masa depan, dan selalu mengingginkan hubungan seks pra-nikah,

CATATAN : Tidak semua keributan dimasa pacaran harus diakhiri dengan putus cinta. Dan juga tidak semua masalah dimasa pacaran adalah tanda dari tidak kecocokkan.Keributan dan pertengkaran dimasa pacaran adalah untuk menguji kedewasaan dalam menghadapai masalah. Tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan kecuali kita tidak berani menghadapinya.

Cara Orang Putus Cinta
Dalam kehidupan anak muda sekarang ada beberapa cara dalam putus cinta :
 * Pengecut
Penjelasan dalam ini adalah putus yang tidak jelas dengan cara tiba-tiba menjauh. Cara ini benar-benar sangat menyakitkan dan tidak bertanggung jawab. Ini sering dialami pasangan yang sudah melakukan hubungan seks pra-nikah.Pasangannya akan pergi dan tidak akan bertanggung jawab akan perbuatannya

* Sms
Banyak diantara kaum muda memilih untuk memutuskan pacar melalui sms. Cara ini sama juga dengan pengecut dan pecundang.

* Mencari-cari Permasalahan
Dengan adanya masalah akan menimbulkan pertengkaran yang dibawa sampai dengan memaki, membentak, sambil meneriakkan hubungan sudah berakhir. Saya menginggatkan jangan mengunakan cara ini, karena keputusan dalam hidup tidak boleh dalam situasi emosi.

* Menyakiti / Selingkuh
Melakukan perbuatan-perbuatan yang menyakiti pasangan dengan berkencan dengan orang lain dihadapan pasangannya. Biasanya ini akan menyampaikan pesan, kalau dia sudah punya pasangan yang lain.

* Menitipkan Pesan Keorang Lain
Teman kadang menjadi tempat yang cocok dijadikan sebagai alat perantara untuk menyampaikan kata putus. Ini biasanya dilakukan dikalangan orang yang termasuk tipe pecundang yang hanya berani memberitahukan kalau dia sudah tidak ada hubungan dan tidak memiliki perasaan mencintai pasangannya.

* Dengan Berterus Terang
Inilah cara yang sangat tepat, kita harus memberikan dulu apa alasannya kita harus mengahkiri hubungan dengan menenangkan diri serta meredamkan emosi. Setelah dengan yakin dengan keputusan harus dibicarakan secara terbuka, terperinci, dan dewasa. Keputusan yang sudah diambil usahakan kembali dalam persahabatan. Setelah itu kuburlah semua memori dan jangan saling membongkar rahasia-rahasia yang sudah dijalani. Dengan mengambil kesimpulan karena cinta tidak harus memiliki, melainkan belum jodoh !!!

Cara Menghadapi Putus Cinta
Sekalipun menyedihkan ada kalanya cinta tidak dapat dipertahankan juga. Jika hal ini terjadi, ada beberapa hal yang dapat dilakukan :
  1. Introspeksi diri dan menganalisa penyebab kegagalan tersebut. Sebab tidak ada manusia yang sempurna. Untuk itu, diperlukan mempelajari lagi kekurangan dan kesalahan kita dalam hal yang creativ, positif, dan konstruksif.
  2. Lebih baik " sakit hati " dari sekarang dari pada rusak dikemudian hari bila dilanjutkan kembali.
  3. Singkirkan segala kenangan yang dapat membuat kita terus menginggat dia dalam hal kita kita membencinya. Sebab melupakan kenangan tidaklah mudah dilakukan, kecuali kita ada niat untuk melakukannya, singkirkan lagu yang bersuasana mengingat dan cari lagu yang bersuasana semangat dan menghibur.
  4. Banyak diantara kita akan bersedih dan depersi karena diputuskan oleh pacar. Dengan berjalannya waktu, maka luka hati akan berkurang dan hilang. Biarkan waktu dan hanya waktu yang dapat menghapus dan menyadari kita.
  5. Bersihkan hati dari hal-hal yang negatif. Jangan sampai menyimpan rasa trauma yang terlalu lama.
  6. Jangan mengeluarkan kata-kata yang merendahkan seseorang seperti : cewek materalitis atau laki yang tidak setia.Dll
  7. Belajarlah dari pengalaman agar tidak melakukan kesalahan yang sama agar tidak jatuh pada lubang yang sama.
  8. Fokuskan diri kita pada hal-hal yang bersifat creativ, positif, dan konstruksif.
  9. Setelah hati kita nyaman dan semua proses waktu sudah berjalan, carilah pasangan yang sesuai dan berkenan dihadapan Tuhan
Apapun yang terjadi dalam masa pacaran semua itu bukan karena ketidakcocokkan melainkan untuk mendewasakan kita kepada hal yang positif. Jangan pernah takut akan kegagalan dalam berpacaran, tetapi takutkan kalau kita akan mendapat pasangan yang salah. Semoga ini dapat membantu teman-teman yang sedang dilanda putus cinta.
< >

Tidak ada komentar:

Posting Komentar