Tahap - Tahap Hubungan

Reaksi:
Dalam hidup ini tanpa kita sadari apa itu cinta! Hanya dengan lima huruf ini kita tidak mengerti apa saja problema-problema, definsi-definsi, dan permasalahannya. Banyak di antara kita bercerita tentang cinta dan banyak diantara kita jatuh cinta, tapi kita tidak tahu apa itu CINTA. Jatuh cinta itu adalah alami serta masa pacaran itu masa yang indah dan kadang kenyataannya tidak seindah dengan harapan. Sering muncul salah paham, cemburu, konflik, dan putus di tengah jalan. Belum lagi terjadinya kekerasan indikasi dan tekan unsur seks telah masuk jauh kedalamnya. Pengalaman kegagalan dalam cinta bisa menimbulkan kekecewaan, Jarang meminta pendapat kepada orang tua dan yang lebih mengerti akan permasalahan yang sedang kita hadapi. Saya akan menjelaskan secara khusus dalam berbagai hal tentang cinta berdasarkan religius. Bagaimana kita mencari pasang hidup, berpacaran sehat, dan apakah kita sudah siap suka dan duka semasa pacaran, apa itu bahaya free seks sewaktu berpacaran, bahkan sampai persiapan pernikahan saya akan menjelaskan hal itu secara menarik. Aku berharap ini bisa membantu remaja - remaja dan orang muda agar kita tidak perlu belajar dari kegagalan atau pun pernah mengalaminya bisa memperbaiki agar tidak mengalami hal yang sama. Serta bagi orang tua yang tentunya peduli pada anaknya bisa menjadi tuntunan agar dapat membimbing mereka masuk masa pacaran dan ikut mengerti ketika ada masalah. Siapapun kita yang perduli dengan kehidupan remaja dan orang muda, ini sangat memudahkan kita untuk membimbing mereka dalam dampak positif , kreatif, dan konstruktif.

1. All You Need Is Love.
Cinta itu menjadi dasar kebutuhan manusia, ketika seseorang tidak memiliki perasaan cinta dan mencintai otomatis hidupnya tidak akan normal pasti ada yang kurang dari orang tersebut. Hal ini bisa menyangkut ke hal yang menyimpang, sifat agresif, prilaku yang kriminal, egois dan extreme. Sifat yang memiliki perasaan tidak dicintai akan merusak harga diri, kebanggaan, ide dan ahkirnya menjadi brutal. Sebagai anak muda kita tidak bisa melihat teman yang berasal dari broken home yang tidak mendapat cinta kasih dan perhatian dari orang tuanya pada ahkirnya jatuh dalam pergaulan bebas serta hal buruk lainnya. Ini bisa disebut dengan "feeling less loved " dan akan mengakibatkan kita akan kehilangan kemanusiaan yang hakiki sebagai mahluk yang bermoral dan penuh kasih. Makanya tepat sekali John Lennon personil dari the beatles band legendaris tahun 60 an menulis lagu dengan judul " ALL YOU NEED IS lOVE " semua yang kita butuhkan adalah cinta. Tanpa cinta manusia akan kehilangan segalanya dan tidak memliki sensitiftasnya. Kebutuhan dasar manusia akan cinta tidak bisa di tawar - tawar lagi. Kebutuhan ini bersifat mutlak dan energi artinya tidak bisa di tunda dan harus diberi saat ini. Jadi yang di perlukan manusia harus memiliki perasaan dicintai dan mengasihi.

2. Cinta itu Universal
Apa yang dimaksud dengan Universal, artinya di sembarang tempat atau belahan bumi ini. Kita bisa menyatu dengan dengan orang lain. Apa pun warna kulitnya, bahasanya, agamanya, umur, dsbnya. Tidak akan bisa lepas dari yang namanya cinta. Bukan sebagi anak muda kita sudah mengetahui yang berbau cinta baik itu dari film, artikel, buku- buku, dan sampai lagu - lagu romantis paling muda di cari saat ini. Kenapa bisa demikian, karena virus cinta sudah universal sehingga mereka tertarik pada suatu yang bersuasana cinta. Kemudian universal cinta itu kelihatan dari bentuk cerita klasik yang menebarkan hati dari belahan dunia. Kisah cinta romantis yang terkenal dan sampai cinta tragis. Kisah - kisah cinta ini sudah banyak ditabur dan di persembahkan dalam berbagai bentuk. Tersebarnya beragam kisah cinta dibelahan dunia ini menunjukkan bahwa cinta itu universal, bukan milik seseorang saja tapi ini milik semua orang.

3. Cinta itu Membangun
Sebagai mahluk yang bermoral dan hakiki ada yang harus kita garis bawahi. Bahwa cinta sejati itu selalu bersifat membangun. Cinta pada dasarnya adalah semacam energi bahkan energi yang sangat kuat. Orang yang tersentuh oleh cinta seringkali mampu melakukan hal - hal yang menakjubkan dan sulit di artikan. Konon, bangunan Taj mahal yang terdapat di India itu merupakan kuburan permaisuri raja, karena kecintaannya pada yang sang permaisuri, sang Raja membangun sebuah istana yang megah untuk membuktikan bahwa cintanya sekalipun orang yang dicintainya sudah mati. Dalam penjelasan ini saya mengambil efek positif, bahwa cinta membuat orang-orang yang terlibat didalamnya menjadi lebih kreatif, positif, dan konstruktif. Kalau tidak disaluarkan pada hal-hal itu, maka energi cinta itu bisa bersifat destruktif (merusak) dan posesif. Bagi anak muda kadang tahu tentang cinta dari entertainment, sinetron, film, novel, dan lewat cerita- cerita dari teman. Banyak diantara kita belajar tentang cinta dan pacaran hanya dari majalah remaja, ramalan zodiak, browsing internet, dan juga dari teman yang belum pengalaman. Dan yang paling menyakitkan pelajaran dari kegagalan dan kepahitan cinta. Untuk itu kita harus menanamkan prinsip yang sesuai dengan apa yang kita dapatkan.

Bagi kamu yang pernah gagal akan cinta, pelajari lagi dari semua pengalaman yang pernah kamu pelajari. Agar kesalahan tidak terulangi lagi kamu harus benar-benar mengerti telah kamu dapat dari awal sampai ahkir dan renungkanlah semua itu dari pengalaman. Serta isilah masa mudamu dengan kerasi yang positif dan cinta yang berkenan dihadapan Allah.

* Tahap - Tahap Dalam Berhubugan

Kodrat manusia adalah mahluk sosial. Artinya manusia selalu membutuhkan relasi dan hubungan dengan sesama. Mustahil bagi sesorang manusia untuk hidup " normal " kalau diatidak pernah berinteraksi dengan sesamanya. Yang harus disadari adalah bahwa kadar keintiman berhubungan itu terdiri dari beberapa tahap. Dari yang paling awal adalah tahap perkenalan sampai hal dalam sebuah pernikahan.

1. Tahap Perkenalan
Tahap ini merupakan yang paling minim tingkat keakrabannya. Tahap ini terjadi mulai saling mengetahui satu dengan lainnya. Biasanya di tahap ini yang di ketahui sangatlah umum seperti nama, alamat, nomor telepon, dan pekerjaan. Tahap ini belum melibatkan emosi sama sekali. Karena masih dalam saling kenal dan saling cari informasi. Tapi, tahap ini sangatlah  karena merupakan pintu gerbang menuju tahap selanjutnya.

2. Tahap Pertemanan
Pribadi yang telah saling kenal, mulai menjalin komunikasi dengan lebih dekat lagi. Kontak telpon, sms, maupun pertemuan terjadi dengan segala cara. Disaat ini timbul " sense of belonging " (rasa saling memiliki) serta mempunya rasa solidaritas dan rasa senasib sepenanggungan mulai kelihatan. Walaupun milik masih sebagai milik masing-masing pribadi, namun keingginan untuk berbagi juga sudah mulai muncul dengan di sertai emosi.

3. Tahap Persahabatan
Merasa sudah cocok sehingga terjadi hubungan yang lebih akrab lagi. Ikatan emosi menjadi lebih dekat, keakraban dan keintiman menjadi pacuan dalam tahap ini. Dengan ditandai prilaku yang saling dukung, saling mempengaruhi, dan saling membutuhkan menjadi kunci curhat yang di lakukan.

4. Tahap Kepercayaan
Seseorang mulai melibatkan sahabatnya dalam bagian-bagian penting dalam kehidupannya. Seperti mengambil keputusan, atau ketika saling menghadapi masalah. Karena mereka saling bergantung satu sama lain maka curhat menjadi semakin sering.

5. Tahap Perhatian
Dua pribadi yang berlainan jenis mulai merasakan ada perasaan yang berbeda. Kalau tadinya pergaulan antar teman perhatian diberikan, sekarang kepada seseorang yang menarik perhatiannya. Apa yang menjadi kesukaan sidia menjadi kesukaannya juga.

6. Tahap Menyukai
Lebih lanjut dari tahap perhatian, seseorang mulai menyukai dan ingin memiliki sahabat yang jenis kelamin berbeda. Sehingga mulai memperhatikan lebih dalam dan tumbuhnya rasa ingin memiliki pribadi yang disukain. Gejala ini umum berada di dekat orang yang disukainnya dan menimbulkan perasaan kikuk dan nervous yaitu perasaan gelisah, selalu memikirkan dia, dan rasa ingin selalu dekat dengan sosok probadi yang dia sukain.

7. Tahap Pendekatan
Ketika rasa perhatian dan menyukai semakin kuat dorongannya, dimulailah sebuah pendekatan. Dengan dimulainya seseorang memberikan pengharapan yang berlebihan agar bisa terus berdekatan dengan pujaan hati. Mulai dari tawaran untuk nonton bareng, makan, dan sampai mengantarkan pulang dan pergi. Tahap ini biasanya di ramaikan dengan perantara ( mak comblang) atau para pendukung yang membuat proses pendekatan menjadi lebih asyik.

8. Tahap Pacaran
Setelah sukses melewati masa pendekatan dan mendapat lampu hijau, maka babak selanjutnya memasuki tahap pacaran. Bahwa hubungan antar dua insan yang berlainan ini sedikit banyaknya telah memiliki sebuah komitmen yang intinya kesepakatan bahwa " kamu " hanya " milikku " dan " aku " hanya " milikmu ", orang lain hanya mengontrak dan kita yang punya. Dan ahkirnya timbulnya perasaan " posesif " ( perasaan memliki yang kuat ) pada pasangannya.

CATATAN : Secara sederhana tahap pacaran dapat terbagi menjadi tiga tahapan :
  • Pre-date        : masa awal pacaran
  • Dating           : tahap mengenal / penjajakan
  • Engagement  : masa pertunangan dan masa persiapan pernikahan         

9. Tahap Pernikahan
Inilah puncak dari segalanya, setelah melewati  masa pacaran dengan baik. Dengan saling mengikarkan janji suci untuk sehidup semati baik dalam sehat maupun dalam sakit, dalam keadaan kaya atau miskin dan hanya maut yang bisa memisahkan mereka. Sehingga ikrar suci pernikahan itu, mereka bukan lagi dua tetapi telah menjadi satu. Tahap ini memulainya sebuah babak baru, relasi yang ditandai dengan munculnya komitmen tanpa syarat untuk saling mencintai dan memiliki.

Kalau tahap perkenalan merupakan sebuah pintu gerbang menuju ke tingkat pacaran, maka tahap pernikahan merupakan puncak dari tingkat hubungan paling akrab dan mulia yang dilakukan.

CATATAN :  Pernikahan adalah komitmen tanpa syarat untuk saling mencintai dan memiliki.
< >

Tidak ada komentar:

Posting Komentar