Ahkir cerita cinta

Reaksi:
Sebuah pertengkaran sengit terjadi antara Aku dengan Fhani kekasihku….

“Fhani… dengerin dulu dong penjelasanku, cewek yang bersamaku tadi itu Cuma teman !”

“Apa? Cuma teman? Pegang-pegangan tangan dan mesra-mesraan itu yang namanya teman?’

“Kamu salah paham sayang …. Cewek itu sahabatku. Aku dan dia memang sudah lama akrab jadi wajar kan kalau aku dekat sama dia….”

“Sudahlah vi…sudah berulang kali aku melihat kamu jalan sama cewek itu dan penjelasanmu Cuma satu HANYA TEMAN!”

“Jangan marah dong, kamu tahu kan kalau dihatiku itu Cuma kamu wanita yang paling aku cintai “

Fhani pun segera meninggalkan diriku yang terus saja memberi penjelasan tentang kejadian tadi siang. Tanpa sengaja ketika aku melewati sebuah toko aku melihat Fhani sedang jalan dengan seorang pria, begitu mesra…

Tak dapat kupungkiri hatiku begitu sakit bak sembilu yang mengiris-iris hati ini. Sebenarnya aku sangat berharap kalau memang pria yang bersamanya itu memang hanyalah teman biasa seperti yang selalu dijelaskannya padaku. Tapi entah mengapa ada dari lubuk hatiku yang paling dalam aku begitu yakin kalau pria itu bukan hanya teman biasa. Entahlah….

Segera kurebahkan tubuhku di tempat tidurku yang empuk. Sejak di perjalanan pulang tadi aku sudah tidak sabar untuk segera tiba di rumah dan masuk ke kamar untuk menenangkan diriku. Kupandangi langit – langit kamarku dan tiba-tiba memori indah bersamanya terlintas kembali dalam ingatanku.

Kami berkenalan lewat chating di MIRC. Waktu itu aku benar-benar lagi butuh teman untuk berbagi cerita. Maklum, aku adalah anak yang kurang kasih sayang dan perhatian dari kedua orang tuaku. Aku pun seakan ditelantarkan. Di rumah  hanya pembantu-pembantu yang menemaniku tapi aku tetap merasa seorang diri. Teman-teman di kampus juga jarang yang terbilang dekat denganku, aku sosok yang pendiam dan kurang bergaul.

Makanya setiap aku merasa kesepian, segera ku buka komputer yang bisa mengakses internet yang disediakan di kamarku .

“Boleh kenalan? “kalimat itu tiba-tiba muncul di komputerku ketika aku memulai chatting.

“Iya boleh, asl pls” Jawabku

“21 F MKS

“aku 23 M MKS “

“Kamu kerja yah?”

“Aku sudah kerja di salah satu perusahaan swasta, kalau kamu ? “

“Aku masih kuliah, semester akhir”

Chating pun berlanjut hingga beberapa jam dengan aneka macam pembicaraan yang membuatku sangat terhibur. Apalagi dia begitu humoris sehingga membuat aku selalu tertawa.

Lewat chatting itulah akhirnya kami memutuskan untuk bertemu secara langsung. Malam itu Pantai Cermin yang indah menjadi awal pertemuan kami. Hatiku benar-benar terpana ketika melihat sosoknya yang begitu feminim, gaul, cantik dan dewasa. Dia benar-benar masuk dalam criteria wanita idamanku. Aku pun terus terbuai dengan perasaan kagum hingga tumbuhlah benih-benih cinta dalam hatiku. Beberapa hari kami selalu bertemu, pergi nonton, makan bersama hingga suatu hari dia menyatakan isi hatinya dan memintaku untuk menjadi kekasihku. Tanpa pikir panjang aku pun mengatakan bersedia untuk pacaran dengannya.

Hari-hariku pun mulai diisi dengan kehadirannya dalam hidupku. Aku yang dulu selalu merasa kesepian kini selalu ceria dan bahagia. Aku merasa telah menemukan sesuatu yang hilang dalam diriku, yaitu kasih sayang! Dia begitu perhatian, penyayang dan sangat romantis. Aku merasa pria yang paling bahagia di dunia ini.

Namun kebahagiaan itu berlangsung sesaat. Aku selalu melihatnya dengan seorang pria. Pertengkaran demi pertengkaran pun terjadi, tetapi karena rasa cintaku yang dalam padanya, membuat aku percaya padanya dan kisah cinta kami pun berjalan kembali.

Lamunanku tiba-tiba dibuyarkan oleh bunyi sms, ternyata dari Fhani.

Vi… masih marah yah? Aku sayang sama kamu dan tidak mungkin ada pria lain di hatiku selain dirimu. Sebentar 7 malam aku tunggu di tempat biasa, aku ingin kita merajut kembali kisah cinta kita.

Jam di hpku sudah menunjukkan jam 7 malam. Sampai saat ini Fhani belum juga muncul bahkan tidak memberiku kabar. Tidak seperti biasanya Fhani seperti ini. Kalau kami akan bertemu, Fhanilah yang selalu tepat waktu, walaupun terlambat pasti dia sms atau menelpon untuk memberi kabar. Hatiku pun mulai gelisah….

Kupandangi setiap motor yang lalu lalang di jalan raya. Tapi Fhani belum juga muncul. Tiba-tiba mataku tertuju pada kerumunan orang-orang. Deg! Ya Tuhan sepertinya ada kecelakaan, gumamku dalam hati. Aku pun segera mendekati tempat itu dan kulihat Fhani telah terbukur kaku dan tubuhnya bersimbah darah.

“Fhani, bangun fhan… tolong panggilkan ambulans”

Aku pun segera melarikan Fhani ke Rumah Sakit terdekat. Dokter mengatakan kalau kondisinya sangat parah dan sekarang sedang ditangani di Unit Gawat Darurat. Hatiku begitu cemas. Ya Tuhan selamatkan Fhani…..

Bberapa menit kemudian dokter pun keluar dari ruang UGD dan terlihat wajahnya begitu lemas

“Maaf mas, kami tidak dapat menyelamatkannya” Ucap dokter dengan sangat menyesal

Hatiku terasa tak berdaya, rasanya dunia runtuh di hadapanku. Aku masih tidak percaya kalau Fhani kini telah pergi untuk selama-lamanya.

“Dokter, bagaimana keadaan anakku?”

Seorang wanita bersama seorang anak berusia sekitar 10 tahun menanyakan dokter yang memeriksa Fhani.

“Anak ibu tidak bisa kami selamatkan, mas ini yang membawa anak ibu ke rumah sakit ini”

“Vi… bagaimana kejadiannya?”

“Bu…Fhany?’ ucapku terbata-terbata

“Iya, napa dengan Fhany nak?”

Aku tidak tahu apa sebenarnya yang terjadi. Aku sudah tidak bisa memberikan penjelasan tentang semua ini. Yang ada hanyalah kesedihan yang begitu mendalam karena aku telah kehilangan seseorang yang sangat berarti dalam hidupku. Tapi….aku sudah tidak bisa berbuat apa-apa???

Ya ampun… hanya  bersama Fhanilah selalu aku ingat…

Tak ada lagi penjelasan yang keluar dari mulutku, seperti yang selalu kulakukan selama ini. Karena ini adalah akhir kisah cintaku bersama Fhani…..
< >

Aku mencintaimu

Reaksi:
Malam menyebar resah dalam hujan dan angin yang terus mengganas menyerbu, tapi hatiku tetap terbakar. Badanku menggigil. Entah karena dingin atau adrenalin yang mengalir bersama racun dari teman setiaku yang telah kuhabiskan berbatang-batang. Aku tidak tahu apakah sekarang ini hatiku marah, kecewa, dendam, sakit atau memang semua itu bercampur mengotori tubuh dan jiwaku.

“Kau menghianati kepercayaanku, Igo! Aku pikir kau akan selalu menjadi sahabatku. Tapi ternyata kamu sama saja. Penuh kebohongan. Selama ini kamu menipu aku… Aku muak!”

Kata-kata Angel sore tadi terus menjejali telingaku. Perempuan itu, kenapa dia harus terus menghantui aku?

“…kamu sengaja membuat aku percaya dan bergantung padamu, membuat aku tidak bisa lepas dari kamu. Tapi aku bisa, Igo! Aku bisa menjadi diriku…”

Memang aku masuk dalam kehidupan Angel pada saat dia labil. Tapi itu bukan awal cintaku. Aku mencintai Angel sejak pertama mata malaikat itu menyandera pandanganku, jauh sebelum itu. Jauh sebelum dia semakin mempengaruhi hidupku dengan kecantikan hati dan pikirannya. Sebelum dia mendatangkan mimpi-mimpi indah yang mulai menyiksa otakku.

Aku selalu mencoba untuk membangun kembali kepercayaan dalam dirinya. Pada dirinya sendiri, juga padaku. Aku bukan ingin Angel bergantung padaku.

Dan akhirnya aku bisa…

Aku juga ingin Angel kembali membiarkan hatinya mencinta. Bukan hanya pada diriku. Aku ingin dia bahagia. Bila Angel harus mencintai laki-laki lain, biarlah. Sungguh! Aku memang ingin Angel mencintaiku, tapi bukan dengan menipu jiwanya. Aku mencintai jiwanya.

Hujan mulai bosan dan berlalu. Tapi angin yang dingin tetap senang menusuk-nusuk kulitku. Kubakar lagi sebatang rokok, lalu menghabiskan isi botol minuman dengan bau menyengat yang pernah aku haramkan sejak aku mengenal Angel.

“Tidakkah kamu lihat, aku pernah berubah untuk kamu, Angel!!!” batinku berteriak mencoba menghalau ngiangan suaranya dari telingaku.

“Aku tidak mau kamu mempengaruhi hidupku lagi, aku mau kamu pergi, Igo!”

Ya, aku pergi. Aku berlari. Mencoba untuk sendiri. Lepas dari kejaran kata-kata Angel. Dan bila aku mampu, lepas dari segala kenyataan.

◊◊◊

Angin melentik melewati jendela kamar menghantar bau tanah basah. Gerimis yang menderai seakan menemani air mata yang terus mengalir tanpa mengering. Mataku sembab. Semua karena Igo!

Aku pernah berkorban demi cintaku pada laki-laki. Menyiksa diri demi mereka. Memang sempat aku menikmatinya (katakanlah aku bodoh). Tapi akhirnya aku selalu menemukan diriku sendiri, hanya sakit dan dendam yang tersisa. Itu yang membuat aku muak pada semua laki-laki. Mereka egois! Mereka hanya monster yang bertahan hidup dengan menghisap kebahagian perempuan, dan dengan bangga mengumpulkan hati perempuan yang mereka injak-injak, untuk dipamerkan pada sesama mahluknya.

Dulu aku pikir Igo berbeda. Dia sangat baik,dan sabar. Dia selalu membela dan mau berkorban untuk keinginanku. Aku menemukan kembali alasan untuk membiarkan seorang laki-laki (hanya dia seorang!) hidup dalam hari-hariku. Hari-hari, yang harus aku akui, aku bahagia. Selalu ada tawa yang kami bagi. Dan bila tidak ada, dia akan membiarkan aku menangis didepannya. Hingga dia atau aku merasa bosan, dan kembali tertawa. Dia adalah aku, dan aku adalah dia. Tidak ada rahasia. Igo bagaikan sumber kehidupan, kebajikan dan kebahagiaan bagiku.

Sampai Igo menyatakan cinta.

“…kenapa, Igo?!”

◊◊◊

Senja temaram. Bulan tak mampu mengalahkan gumpalan awan. Aku masih menunggu penuh harap ada suara balasan diujung telepon genggamku. Aku sudah tidak tahan jauh darinya. Segala yang kulihat mengingatkan aku pada Angel. Dia sudah benar-benar melekat dalam pikiranku.

Aku harus bicara dengan Angel. Siapa tahu marahnya sudah reda dan mau mendengarkan kata-kata yang sudah siap diujung lidahku. Aku mau menjadi apapun yang dia minta. Aku bisa mengubur rasa cintaku dan menjadi sahabatnya. Hanya sahabat. Walau aku tahu mungkin akan datang saat, dimana Angel akan mencintai laki-laki lain, aku akan tetap ada disampingnya sebagai pecundang. Apapun, asalkan aku bisa tetap berada didekatnya, menemani hidupnya, dan melindunginya.

Tapi tetap suara merdu yang aku tunggu tidak ada dibalik sana. Sudah berkali-kali dan berhari-hari aku coba menghubunginya, tetap sama, tak ada jawaban. Bahkan sudah empat hari kemarin aku mendatangi rumahnya, tapi dia tidak pernah mau menemuiku.

“Akan kucoba lagi besok pagi,” dalam hati aku berkata sebelum aku, tertidur…

◊◊◊

Aku menghitung suara jam dinding, tiga kali berdentang. Sudah jam tiga pagi rupanya. Tapi kenapa aku masih tidak bisa tidur. Aku masih memikirkan Igo. Ku ambil telepon genggamku, berpuluh kali nama Igo muncul tapi tak pernah aku jawab. Aku rindu dia, tapi aku masih bimbang. Ku baca lagi tujuh belas SMS yang dia kirim hari ini.

“From: igö

Angel kmu dmn? Gmn kbr kmu? Aku prlu ngomong,plz..

Tlg rpl.”

Semua berisi sama, seperti kemarin, hari sebelumnya, juga hari sebelum itu. Tapi tak satupun yang mampu mengusir bimbangku, aku tidak tahu apa yang harus aku katakan padanya. Kata maaf kah?

Dulu aku selalu tertawa bila mengingat hal ini. Igo selalu mengirim SMS sebanyak tujuh belas kali bila dia membuatku kesal. Igo bagai memuja angka ini, tanggal ulang tahunku. Dan masih banyak hal-hal mengenai aku yang dia puja. Membuatku selalu bertambah mengagumi laki-laki ini. Tapi sekarang…

Ya, aku memang mencintai Igo. Sangat mencintainya. Dia berhasil membuat cinta kembali mengisi hatiku. Tapi aku tidak bernyali melawan orang tuaku, mereka tidak akan pernah memberikan restu aku berhubungan dengan orang yang berlainan agama. Igo tahu itu.

Seharusnya Igo jangan pernah mengatakan cinta! Aku tidak bisa memilih antara Igo dan keluargaku. Aku lebih mencintai Igo, tapi aku takut akan karma, kutukan orang tuaku karena aku menjadi anak durhaka.

Tuhan, kenapa Kau membiarkan aku mencintai Igo tapi harus penuh dijejali dengan aral?

Aku bimbang…

◊◊◊

Tiga minggu menghilang tanpa aku bertemu dengan Angel. Semenjak pagi aku sudah berdiam dalam mobilku yang aku parkirkan di depan rumahnya. Tapi dia tidak terlihat. Ragu aku mengetuk pintunya. Aku takut dia masih malas bertemu denganku. Aku berharap Angel yang melihat aku, lalu membukakan pintu untukku. Atau saat dia terpaksa keluar, apapun alasannya, aku dapat menyergapnya. Dia tidak mungkin menghindar lagi kalau begitu.

Tapi kini matahari sudah berganti bulan yang malas bersinar. Kulirik jam tanganku, jam tujuh. Penantianku tidak berbuah hasil. Yang aku dapati hanya nyamuk tak berotak yang mencoba membuat aku kehabisan darah dan pandangan curiga dari preman-preman lokal yang bercokol di kios rokok diseberang mobilku. Mereka mungkin menyangka aku maling yang ingin beroperasi di daerah mereka.

Kucoba menelepon Angel. Tapi percuma saja. Aku kesal, dan mulai melangkahkan kaki ku ke pintu rumah Angel.

◊◊◊

Aku tahu pastilah Igo yang berdiri diluar, dibalik pintu itu. Aku mencoba mengumpulkan segala rasa rinduku agar nyaliku tumbuh. Harus, aku harus bertemu dengannya!

Tak sadar ku temui diriku sudah berada didepan pintu dan jari-jari tanganku sudah berada pada kunci yang menggantung. Tinggal kuputar kunci ini sedikit, maka aku akan segera bertemu dengan laki-laki yang hampir membunuhku dengan rasa rindu, dan aku bisa segera meminta pertanggung jawabannya.

Benar, begitu aku buka pintu itu aku sudah kehilangan rasa malu dan tidak sanggup menahan diriku. Segera kutarik tubuhnya masuk dan mengunci pintu. Lalu kubiarkan diriku jatuh dalam pelukan yang selalu membuatku merasa aman dan damai. Aku memang perlu laki-laki ini dalam hidupku. Aku menangis sejadinya sambil memaki. Memaki dirinya dan memaki kebodohanku, ketololanku.

Dan kini kunikmati bibir Igo yang mencoba untuk menghentikan bibirku mengeluarkan segala hujatan. Aku semakin terhanyut dalam pelukannya. Aku bahagia…

Tapi…

“Tidak! Jangan, Igo!!! Berhenti! Jangan lakukan…”

◊◊◊

Aku menggila. Tak lagi aku hiraukan teriakannya. Yang melintas hanya keinginanku untuk mendekapnya, menciumnya, mencumbunya. Perlawanan Angel semakin tak berarti.

Hingga tiba-tiba aku merasa lemas, ingin berbaring. Tapi tetap kupandangi Angel yang menyeret tubuhnya. Kaki-kaki indah itu menjauh. Mendorong sebentuk tubuh putih halus dihiasi pakaian yang terkoyak hebat menyuruk disudut. Mata malaikat yang selalu menyandera pandanganku membelalak memandangi jari-jari lentiknya yang bergetar.

Aku tersenyum… Sungguh indah perempuan ini.

Aku melayang…

Sempat sesaat aku menghiraukan seonggokan tubuh yang pernah aku tempati, terbujur tak berkutik. Cahaya berkilau dari sebilah pisau menancap di punggung.

Kembali aku memandang Angel, mahluk cantik itu…

Aku melayang kian tinggi…

Aku mencintaimu Angel…
< >

Kerinduanku buat ayah

Reaksi:
Lampu kamar masih terlihat menyala. Matahari diluar sana sudah lama kembali kepersinggahan sesaat. Hanya ada suara detak jarum jam yang secara runtut menunjukkan perubahan waktu. Liranz masih saja dengan lamunannya. Matanya terlihat sayu penuh harapan. Sesekali senyumnya merekah ketika membayangkan harapannya yang lucu. Harapan-harapan anak berusia 6 tahun yang tentu saja sarat akan kegembiraan dan keceriaan.

“ Kapan ya, ayah mengajakku bermain ke taman kota.”

Tiba-tiba saja pertanyaan itu muncul. Senyumnya yang lalu perlahan memudar. Berganti dengan mimik muka memelas. Sudah berkali-kali pertanyaan itu muncul. Namun sampai sekarang pun dia masih bingung, dengan siapa di harus menanyakan pertanyaan itu. Sedang sehari-hari, dia menjalani hidup seoarang diri di rumah itu. Ibunya sudah lama tak terlihat. Kata ayahnya, ibunya telah tiada sejak Liranz dilahirkan. Entah benar atau tidak, dia pun kembali bingung, dengan siapa dia harus menanyakan pertanyaan itu. Sedang ayahnya adalah seorang pekerja keras yang sehari-hari bekerja di sebuah percetakan. Bahkan bisa di pastikan bahwa hampir tidak ada waktu libur untuk ayah Liranz selama dia bekerja sebagai tenaga percetakan. Dia selalu berangkat ketika Liranz tengah melayang di dalam mimpi dan pulang ketika Liranz sudah bermain-main di dalam mimpinya. Komunikasi mereka sebagai ayah dan anak pun seakan terputus.

Lama sekali Liranz melamun sambil memeluk boneka beruangnya. Dan diapun perlahan memasuki dunia mimpi dan mulai asyik bermain di dalamnya. Bertemu dengan teman-temannya sambil memainkan mainan yang pasti tidak dapat dia dapatkan ketika dia mulai membuka mata. Yah…itulah dunia Liranz. Hanya dengan bermimpi dia menemukan kebahagiaan.

***

Perlahan Liranz bisa merasakan sinar matahari merabai wajahnya. Matanya yang berat perlahan mulai terbuka. Dan, benar saja matahari telah bersuara dengan alam di luar sana. Segera saja Liranz turun dari pembaringan. Sambil sesekali menguap, Liranz berjalan gontai menuju ruang makan. Yang sudah dia hafal, pastilah ayahnya meninggalkan sepucuk pesan untuknya hari ini.

Setelah menarik kursi dan mendudukinya, dia segera meraih sepucuk surat dari ayahnya itu.

Liranz sayang ….

Makanan sudah ayah siapkan di meja makan.

Untuk makan malam ada di lemari makan,

Dan uang itu untuk pegangan Liranz saja,

Kalu ada apa-apa jangan lupa telepon ayah,

Jaga diri baik-baik ya

Papa


Liranz segera mengambil uang dari ayahnya tersebut. Dan segera kembali menuju ke kamarnya. Sesudah itu, dia akan memasukkan uang itu kedalam kaleng bekas biskuit yang memang sudah dia gunakan sehari-hari untuk menyimpan uang. Setelah itu, dia akan bergegas mandi dan sarapan. Dan, mulailah dia memutar otak, mencari ide tentang apa yang akan dia lakukan hari ini.

Sudah hampir satu tahun dia menjalani rutinitas seperti ini. Dulu ketika dia masih bayi sampai usia lima tahun, dia diasuh oleh seorang pembantu. Kini ketika dirasa dia sudah bisa mengurus dirinya sendiri, maka ayahnya memutuskan untuk tidak menggunakan jasa pembantu lagi.

Liranz memang sudah mahir untuk membaca. Sudah dari kecil pembantunyalah yang telah mengajarinya membaca. Bahkan beberapa menu masakan seperti nasi kukus, telor balado dan semur tempe pun sudah dia kuasai. Dan, itulah salah satu sebab yang melatarbelakangi ayahnya untuk tidak lagi memakai jasa pembantu. Karena Liranz sudah dirasa bisa mengurus dirinya sendiri.

Baru tahun depan dia akan di daftarkan ayahnya kesekolah dasar. Usia yang memang sudah cukup terlambat. Bahkan ayahnya pun tidak memberinya kesempatan untuk sekolah di taman kanak-kanak. Yang tentu saja karena keadaan perekonomian mereka. Dan setiap hari Liranz selalu menanti saat-saat dirinya akan bersekolah. Dan mendapat teman-teman yang nyata dan bukan hanya berteman dengan anak-anak di dalam mimpi.

Dan hari ini dia akan bermain dengan boneka beruangnya di ayunan belakang rumah. Seperti yang sering dia lakukan sehari-hari selain bersepeda dan mendengarkan musik anak-anak di radio. Segera Liranz menggendong bonekanya dan beranjak dari kamarnya.

Beberapa langkah belum jauh dari pintu kamar, langkah Liranz seolah gontai sesekali dia menyandarkan dirinya di tembok dan memegangi kepalanya. Dia hanya bisa mengaduh dan menangis. Tanpa pikir panjang, dia pun kembali ke dalam kamar dan menjatuhkan dirinya ke pembaringan. Oh…sungguh terasa sakit kepalanya saat itu. Dan dia tidak tahu apa yang harus dia lakukan, kecuali kembali bersua dengan teman-temannya. Di dunia mimpi Liranz terlelap tidur.

***

Hari sudah siang dan Liranz pun tebangun dari tidurnya. Ada terbersit niat untuk menghubungi ayahnya dan mengabarkan keadaannya saat ini. Dan diapun segera mendekat ke pesawat telepon tua di sudut ruang tengah. Dengan lancar Liranz menekan urutan angka yang biasa dia lakukan untuk menghubungi ayahnya. Sampai sebuah suara menanggapi panggilannya.

“ hallo…”. Suara di ujung sana.

“ halo… bisa bicara sama Pak Kurniawan”. Sambung Liranz.

“oh.. tunggu sebentar ya dek”.

Liranz berniat untuk memberitahukan keadaanya pada ayahnya. Namun kemudian muncul sebuah pemikiran, apakah kabar tentang dirinya tidak akan mengganggu konsentrasi kerja ayahnya. Karena Liranz tahu Boss ayahnya orangnya galak. Ayahnya pernah cerita kalau dirinya pernah dihukum tidak makan karena salah cetak.

Kalau ayahnya melakukan kesalahan yang sama pasti, Bossnya akan sangat marah.

“Hallo… Liranz”

“Ayah e…..eeee”

“Hallo, Liranz, ada apa, nak”

“E… E… ayah kerjanya baik-baik saja kan, yah”

“Iya, ada apa”

“Ngga… Liranz Cuma pingin tahu apakah ayah baik-baik saja atau ngga”

“ayah baik kok… Hari ini papa dapat pesanan banyak”

“O… Ya udah, pa”

“O… Ya, jaga diri baik-baik ya, nak”

“Ya, yah”

Begitulah Liranz. Diusianya yang sekecil itu, namun dia sudah dapat mempunyai pola pikir layaknya seorang dewasa.

Alhasil, Liranz pun melanjutkan harinya bersama rasa sakit di kepalanya seorang diri.

***

Dua hari dengan rasa sakit di kepala telah dia lalui. Ironis memang. Seorang anak yang biasanya merengek karena rasa sakit, namun Liranz justru harus merasakan pula perasaan merasa takut bersalah. Dia berpikir, apabila dia menceritakan hal ini kepada ayahnya maka ayahnya akan meminta izin libur kepada Bossnya, untuk membawa Liranz ke dokter. Sedangkan Liranz tidak mau itu terjadi. Dia tidak ingin menambah beban pikiran ayah kesayangannya itu. Dia takut ayahnya panik. Di samping itu, dia juga takut terjadi masalah yang menimpa ayahnya di tempat kerja.

Pandangannya merabai seluruh isi kamar. Dia berharap akan ada suatu hal yang dapat menolong dirinya dari masalah pelik ini. Sampai akhirnya, pandangannya tertuju pada sebuah kaleng biskuit warna merah di dekat pembaringannya. Tanpa berpikir lama lagi, dia meraih kaleng biskuit itu. Dan dibukanya kaleng itu dengan sisa-sisa tenaga sakitnya.

“Cukup apa ngga ya, untuk pergi ke dokter”

Liranz menopang dagunya dengan kedua lutut yang dia lipat rekatkan. Sesaat dia menarik napas panjang. Berpikir apa yang tengah terjadi pada dirinya. Kenapa Tuhan tidak memberinya Kesehatan yang abadi saja. Dengan begitu, dia tidak akan merasakan sakit ini dan dia juga tidak harus terjerat perasaan takut untuk berkata jujur kepada ayahnya.

Dengan berbekal uang di kaleng itu, Liranz berjalan gontai menyusuri jalan raya. Dia sudah memutuskan untuk pergi ke rumah sakit, tempat ayahnya dulu dirawat ketika sakit. Rumah sakit itu tak jauh dari rumahnya, hanya terpaut beberapa gang saja. Tanpa pikir panjang, Liranz masuk dan berdiri tegak di depan orang yang dia sendiri tidak tahu siapa.

“Adik, mau apa?”

“Mau periksa”, dengan gaya anak-anak Liranz menerangkan.

“Adik sakit apa?”

“Kepala”

“O…”

Dan orang yang ternyata adalah seorang dokter tersebut segera membawanya ke dalam ruang praktek. Kemudian, dokter itu menyuruh dan mengangkat Liranz untuk berbaring di pembaringan. Sementara kotak biskuit yang dari tadi menemaninya, dia letakkan di atas meja dokter tersebut. Dan beberapa saat kemudian, dokter mulai aktif memeriksa Liranz. Liranz yang memang tidak tahu apa penyakitnya sebenarnya hanya bisa berdiam diri.

“Adik ke sini sama siapa?”

“Sendiri”

Sesaat dokter itu tersentak. Dia pikir Liranz adalah anak pasien di rumah sakit itu yang sedang jalan-jalan. Dan dokter pun mempersilahkan Liranz pulang sambil berpesan,

“Dik, tolong sampaikan ke ayah atau ibumu, kalau adik harus dirontgen di rumah sakit umum. Ya, dik”

Liranz hanya mengangguk mengingat pesan yang disampaikan dokter yang baik hati tersebut. Dan Liranz pun memberinya kaleng biskuitnya kepada dokter tersebut. Kemudian melanjutkan langkah gontainya untuk pulang ke rumahnya. Kepergian Liranz dari rumah sakit disertai dengan gumamman dokter yang baik itu,

“Kasihan anak itu… Di usia yang masih kecil sudah ada tanda-tanda kanker otak.”

***

Di dalam kamar. Liranz melamun tanpa arah. Tiba-tiba saja beberapa bayangan tentang kehidupannya yang telah lalu kembali muncul. Air matanya pun mengalir di pipi merahnya. Kemudian terbersit keinginan untuk berterus terang saja kepada ayahnya. Dia segera mengambil selembar kertas dan sepucuk pena dari meja di samping pembaringan.

Ayah….

Aku ingin bermain di taman kota bersama ayah

Kapan ya ayah?

Kalo ayah ada waktu, nanti kita ke taman kota ya ayah


Liranz pun kemudian merasa rindu dengan teman-temannya di taman impiannya. Dia terlelap tidur di atas lipatan tangannya.

***

Pagi sudah kembali datang. Tubuh kecil Liranz sudah terbaring ringan di atas pembaringan. Matanya sembab. Pada hal dia tidak habis menangis.

“Liranz……”

Suara ramah dan bijaksana yang sudah lama tak Liranz dengar pun ada pagi itu. Seolah Liranz tidak percaya dengan apa yang terjadi pagi itu.

“ hari ini ayah libur kerja. Ayah ingin bermain bersama kamu di taman kota. Kamu segera mandi dan sarapan. Pagi ini juga kita berangkat ke taman kota.

Tubuh ringan Liranz serasa melayang. Dia tidak pernah mengira bahwa ini bener-benar akan terjadi. Dia pun bergegas membenahi dirinya seindah mungkin, karena dia pikir hari ini mungkin tidak akan pernah dia lupakan untuk selamanya.

***

Di taman kota. Senyum Liranz tak pernah terlihat surut. Dia sangat menikmati hari-hari bersama ayahnya itu, yang sama sekali belum pernah dia rasakan. Entah mengapa, sifat manjanya pun tiba-tiba muncul. Dia mainkan yang ada satu persatu tanpa terlihat sedikit pun rasa lelah. Ayahnya pun menyadari tadi terlihat sangat bahagia menikmati hari liburnya itu. Sampai saat senja datang, baru mereka memutuskan untuk kembali ke rumah, walaupun sebenarnya mereka belum puas menikmati hari bahagia itu.

***

Hari ini, berjalan kembali seperti biasanya. Liranz kembali dalam kesendiriannya di rumah itu. Namun, kelihatannya dia sangat kelelahan setelah menikmati hari kemarin. Pagi ini dia masih terlelap di atas pembaringan. Ayahnya yang akan berangkat bekerja, menyumbanginya untuk sekedar memberinya sekecup ciuman. Segeralah ayah Liranz duduk di sudut pembaringan. Ayah Liranz kemudian sangat terkejut. Tubuh Liranz hari ini terasa sangat dingin. Bahkan badannya sedikit kaku dari biasanya. Dia memegangi sebuah kertas. Dan ayah Liranz segera mengambilnya kemudian membukanya.

Ayah….

Liranz sangat gembira sekali. Karena kemarin ayah sudah mengajak Liranz bermain di taman kota. Terima kasih buat semua kasih sayang dari ayah. Liranz minta maaf kalau selalu membuat ayah bingung. Liranz sayang sama ayah.

Ayah,,,,Liranz pingin bertemu sama temen-temen Liranz dulu ya. Mereka mengajak Liranz buat menginap di rumah mereka selamanya.

Ayah,,,,kalau Liranz tidak tahu jalan pulang, ayah jemput Liranz ya.

Liranz sayang ayah…

Liranz


Kemudian ayah Liranz memeriksa denyut nadi Liranz. Dan ternyata dia tidak menemukannya di pergelangan tangan. Dia mencobanya di bagian leher, tapi dia juga memperoleh hasil yang sama. Sontak, ayah Liranz menangis sejadi-jadinya. Karena anak yang satu-satunya yang belum sempat dia bahagiakan, harus pergi untuk selama-lamanya.

Liranz, gadis cilik yang pintar dan mandiri. Harus pergi tanpa bisa merasakan keindahan dunia terlebih dahulu. Penyakit yang hanya di ketahui olehnya dan dokter baik hati itu, memaksa Liranz pergi untuk selama-lamanya. Dan dia meninggalkan luka yang teramat pedih di hati ayahnya. Ayah yang belum terlalu banyak memberinya kebahagiaan. Ayah yang selalu sibuk dan hampir tidak punya waktu untuk membahagiakannya.

Selamat jalan Liranz, semoga kamu bahagia bersama teman-teman barumu. Dan tak akan lagi harus sendiri dan kesepian.
< >

Permintaan tak terduga

Reaksi:
Rani, sebut saja begitu namanya. Kawan kuliah ini berotak cemerlang dan memiliki idealisme tinggi. Sejak masuk kampus, sikap dan konsep dirinya sudah jelas: meraih yang terbaik, di bidang akademis maupun profesi yang akan digelutinya. ''Why not the best,'' katanya selalu, mengutip seorang mantan presiden Amerika.
Ketika Universitas mengirim mahasiswa untuk studi Hukum Internasional di Universiteit Utrecht, Belanda, Rani termasuk salah satunya. Saya lebih memilih menuntaskan pendidikan kedokteran.
Berikutnya, Rani mendapat pendamping yang ''selevel'' ; sama-sama berprestasi meski berbeda profesi. Alifya, buah cinta mereka, lahir ketika Rani diangkat sebagai staf diplomat, bertepatan dengan tuntasnya suami dia meraih PhD. Lengkaplah kebahagiaan mereka. Konon, nama putera mereka itu diambil dari huruf pertama hijaiyah ''alif'' dan huruf terakhir ''ya'', jadilah nama yang enak didengar: Alifya. Saya tak sempat mengira, apa mereka bermaksud menjadikannya sebagai anak yang pertama dan terakhir.
Ketika Alif, panggilan puteranya itu, berusia 6 bulan, kesibukan Rani semakin menggila. Bak garuda, nyaris tiap hari ia terbang dari satu kota ke kota lain, dan dari satu negara ke negara lain. Setulusnya saya pernah bertanya, ''Tidakkah si Alif Is OK!'' Ucapannya itu betul-betul ia buktikan.
Perawatan dan perhatian anaknya, ditangani secara profesional oleh baby sitter mahal. Rani tinggal mengontrol jadual Alif lewat telepon. Alif tumbuh menjadi anak yang tampak lincah, cerdas dan gampang mengerti.
Kakek-neneknya selalu memompakan kebanggaan kepada cucu semata wayang itu, tentang kehebatan ibu-bapaknya. Tentang gelar dan nama besar, tentang naik pesawat terbang, dan uang yang banyak. ''Contohlah ayah-bunda Alif, kalau Alif besar nanti.'' Begitu selalu nenek Alif, ibunya Rani, berpesan di akhir dongeng menjelang tidurnya. Ketika Alif berusia 3 tahun, Rani bercerita kalau dia minta adik. Terkejut dengan permintaan tak terduga itu, Rani dan suaminya kembali menagih pengertian anaknya. Kesibukan mereka belum memungkinkan untuk menghadirkan seorang adik buat Alif. Lagi-lagi bocah kecil ini ''memahami'' orang tuanya. Buktinya, kata Rani, ia tak lagi merengek minta adik. Alif, tampaknya mewarisi karakter ibunya yang bukan perengek. Meski kedua orangtuanya kerap pulang larut, ia jarang sekali ngambek. Bahkan, tutur Rani, Alif selalu menyambut kedatangannya dengan penuh ceria. Maka, Rani menyapanya ''malaikat kecilku''. Sungguh keluarga yang bahagia, pikir saya.
Meski kedua orangtuanya super sibuk, Alif tetap tumbuh penuh cinta. Diam-diam, saya iri pada keluarga ini. Suatu hari, menjelang Rani berangkat ke kantor, entah mengapa Alif menolak dimandikan baby sitter.
''Alif ingin Bunda mandikan,'' ujarnya penuh harap. Karuan saja Rani, yang detik ke detik waktunya sangat diperhitungkan, gusar. Ia menampik permintaan Alif sambil tetap gesit berdandan dan mempersiapkan keperluan kantornya. Suaminya pun turut membujuk Alif agar mau mandi dengan Tante Mien, baby sitter-nya. Lagi-lagi, Alif dengan pengertian menurut, meski wajahnya cemberut.
Peristiwa ini berulang sampai hampir sepekan. ''Bunda, mandikan aku!'' kian lama suara Alif penuh tekanan.
Toh, Rani dan suaminya berpikir, mungkin itu karena Alif sedang dalam masa pra-sekolah, jadinya agak lebih minta perhatian. Setelah dibujuk-bujuk, akhirnya Alif bisa ditinggal juga. Sampai suatu sore, saya dikejutkan telponnya Mien, sang baby sitter. ''Bu dokter, Alif demam dan kejang-kejang. Sekarang di Emergency.'' Setengah terbang, saya ngebut ke UGD.
But it was too late.
Allah swt sudah punya rencana lain. Alif, si malaikat kecil, keburu dipanggil pulang oleh-Nya. Rani, ketika diberi tahu soal Alif, sedang meresmikan kantor barunya. Ia shock berat. Setibanya di rumah, satu-satunya keinginan dia adalah memandikan putranya. Setelah pekan lalu Alif mulai menuntut, Rani memang menyimpan komitmen untuk suatu saat memandikan anaknya sendiri. Dan siang itu, janji Rani terwujud, meski setelah tubuh si kecil terbaring kaku. ‘’Ini Bunda Lif, Bunda mandikan Alif,’’ ucapnya lirih, di tengah jamaah yang sunyi. Satu persatu rekan Rani menyingkir dari sampingnya, berusaha menyembunyikan tangis.
Ketika tanah merah telah mengubur jasad si kecil, kami masih berdiri mematung di sisi pusara. Berkali-kali Rani, sahabatku yang tegar itu, berkata, ‘’Ini sudah takdir, ya kan. Sama saja, aku di sebelahnya atau pun di seberang lautan, kalau sudah saatnya, ya dia pergi juga kan?’’ Saya diam saja. Rasanya Rani memang tak perlu hiburan dari orang lain. Suaminya mematung seperti tak bernyawa. Wajahnya pias, tatapannya kosong. ‘’Ini konsekuensi sebuah pilihan,’’ lanjut Rani, tetap mencoba tegar dan kuat. Hening sejenak. Angin senja meniupkan aroma bunga kamboja. Tiba-tiba Rani berlutut. ‘’Aku ibunyaaa!’’ serunya histeris, lantas tergugu hebat. Rasanya baru kali ini saya menyaksikan Rani menangis, lebih-lebih tangisan yang meledak. ‘’Bangunlah Lif, Bunda mau mandikan Alif. Beri kesempatan Bunda sekali saja Lif. Sekali saja, Aliiif?.’’ Rani merintih mengiba-iba.
Detik berikutnya, ia menubruk pusara dan tertelungkup di atasnya. Air matanya membanjiri tanah merah yang menaungi jasad Alif.
Senja pun makin tua.
< >

Hikmah Cinta

Reaksi:
Manusia Lahir pastilah memiliki Cinta, karena cinta adalah suatu yang di miliki manusia. namun terkadang cinta mampu membutakan manusia, hingga melupakan dunia dan seisinya. padahal kita tau dunia ini sangat luas. Namun hanya atas dasar cinta yang sifatnya sesaat dunia yang indah ini berubah menjadi bencana.

Berikut ini kutipan kata kata mutiara cinta semoga pembaca semua berkenan :

1. Jangan tertarik kepada seseorang karena wajahnya tampak karena kecantikan dapat menyesatkan. Jangan juga tertarik pada kekayaannya karena kekayaan dapat dimusnahkan. Tertarik pada seseorang yang dapat membuat Anda tersenyum, karena hanya senyum yang dapat membuat hari yang gelap menjadi cerah. Harap Anda menemukan seseorang seperti itu.

2. Ada saat-saat dalam hidup ketika kamu sangat merindukan seseorang sehingga ingin menjemputnya dari alam mimpi dan memeluk mereka. Semoga kamu memimpikan orang seperti itu.

3. Mimpi apa yang ingin kamu impikan, pergilah ke tempat-tempat kamu ingin pergi. Jadilah apa yang Anda inginkan, karena kamu hanya memiliki satu kehidupan dan satu kesempatan untuk melakukan hal-hal yang ingin Anda lakukan.

4. Harap Anda memiliki cukup kebahagiaan untuk membuat Anda baik, cukup cobaan untuk membuat Anda kuat, kesedihan yang cukup untuk membuat Anda manusia, cukup harapan untuk membuat Anda bahagia dan cukup uang untuk membeli semua kebutuhan Anda.

5. Ketika satu pintu kebahagiaan tertutup, pintu lain terbuka. Tapi sering kali kita terpaku terlalu lama pada pintu yang tertutup sehingga tidak melihat pintu lain yang terbuka bagi kita.

6. teman terbaik adalah dia yang dapat duduk di ayunan beranda bersamamu, tanpa mengucapkan sepatah kata pun, dan kemudian Anda ditinggalkan dengan perasaan memiliki percakapan yang panjang dengan dia.

7. Memang benar bahwa kita tidak tahu apa yang kita miliki sampai kita kehilangannya, tetapi juga benar bahwa kita tidak tahu apa yang belum pernah kita miliki sampai kita mendapatkannya.

8. Lihatlah segala sesuatu melalui mata orang lain. Jika itu menyakitkan hatimu, sangat mungkin bahwa orang lain juga terluka hari ini.

9. Kata-kata yang diucapkan sembarangan dapat menyulut perselisihan. Kata-kata kejam dapat menghancurkan kehidupan. Kata yang diucapkan pada tempatnya untuk meredakan ketegangan. Kata-kata cinta dapat menyembuhkan dan memberkati.

10. Awal dari cinta adalah membiarkan orang yang kita cintai menjadi dirinya sendiri, dan tidak merubahnya menjadi gambaran yang kita inginkan. Jika tidak, kita hanya mencintai pantulan diri sendiri yang kita temukan di dalam dia.
11. Orang yang paling bahagia tidak selalu memiliki hal-hal terbaik, mereka hanya membuat yang terbaik dari setiap hal yang hadir dalam hidupnya.

12. Mungkin Tuhan menginginkan kita untuk bertemu beberapa orang yang salah sebelum bertemu dengan orang yang tepat, kita harus mengerti bagaimana berterima kasih atas karunia itu.

13. Hanya diperlukan satu menit untuk menilai seseorang, satu jam untuk menyukai seseorang dan sehari untuk mencintai seseorang, namun butuh seumur hidup untuk melupakan seseorang.

14. Kebahagiaan tersedia bagi mereka yang menangis, mereka yang terluka, mereka yang mencari dan mereka yang mencoba. Karena hanya mereka itulah yang menghargai pentingnya orang-orang yang telah menyentuh hidup mereka.

15. Cinta adalah ketika kamu kehilangan rasa, gairah, romantika dan masih peduli padanya.

16. Hal yang menyedihkan dalam hidup adalah ketika kamu bertemu seseorang yang berarti Anda hanya untuk menemukan pada akhirnya bahwa tidak pernah ada dan Anda harus membiarkan pergi.

17. Cinta dimulai dengan senyuman, tumbuh dengan ciuman dan berakhir dengan sebuah titik air mata.

18. Cinta datang kepada mereka yang masih berharap bahkan telah kecewa, bagi mereka yang masih percaya bahkan telah dikhianati, kepada mereka yang masih mencintai bahkan terluka.

19. Rasanya sakit untuk mencintai seseorang yang tidak mencintaimu, tetapi lebih menyakitkan adalah mencintai seseorang dan tidak pernah memiliki keberanian untuk menyatakan cintamu kepadanya.

20. masa depan cerah selalu tergantung pada masa lalu yang dilupakan. Anda tidak dapat melanjutkan kehidupan yang baik jika Anda tidak melupakan kegagalan dan sakit hati di masa lalu.

21. Jangan pernah mengucapkan selamat tinggal jika kamu masih ingin mencoba, tidak pernah menyerah jika kamu masih merasa sanggup, jangan pernah mengatakan kamu tidak mencintainya lagi jika Anda masih tidak dapat melupakannya.

22. Memberikan semua cinta Anda kepada seseorang bukanlah jaminan dia akan mencintai Anda kembali. Jangan mengharapkan balasan cinta, tunggu sampai tumbuh di dalam hati mereka, tetapi, jika tidak, berbahagialah karena cinta tumbuh di hatimu.

23. Ada hal-hal yang Anda benar-benar ingin mendengar tetapi Anda tidak akan pernah mendengar dari orang-orang yang Anda harapkan untuk mengatakannya. Namun, jangan tuli mendengar dari orang yang mengatakannya dengan sepenuh hati.

24. Ketika Anda lahir, kamu menangis dan orang-orang di sekitar Anda tersenyum. Jalani kehidupan Anda sehingga ketika Anda meninggal, Anda tersenyum dan orang-orang di sekitar Anda adalah menangis.
< >

JADILAH DIRIMU SENDIRI

Reaksi:
Anda pasti pernah dengar kata-kata bijak yang berbunyi, "Jadilah diri sendiri!". Jika didengar sekilas, kata-kata tersebut seakan tak bermakna. Padahal jika mau menghayatinya, kata-kata tersebut cukup ampuh untuk pembentukan diri yang akan mempengaruhi kelangsungan karir Anda. Menjadi diri sendiri membuat Anda memiliki fondasi kepribadian yang kuat. Memang, untuk menjadi diri sendiri tidaklah mudah. Ada beberapa faktor yang berperan dalam hal ini. Artinya, ada sejumlah syarat dalam pembentukan diri sendiri antara lain ;

 1. JADILAH PRIBADI YANG BERBEDA
Sadarilah bahwa Anda berbeda dengan orang lain, baik secara fisik maupun psikis (kejiwaan). Setiap orang memiliki ciri khas dan karakter masing-masing. Hal ini menyiratkan bahwa di satu sisi Anda memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain tetapi di sisi lain Anda juga mempunyai kekurangan dibanding orang lain. Kesadaran seperti ini akan membantu Anda merasa aman dan nyaman dalam menerima kondisi Anda yang sesungguhnya. Anda tidak merasa risau dengan keberadaan orang lain. Dan hal ini akan membantu menumbuhkan rasa percaya diri Anda.

 2. KENALILAH DIRI SENDIRI
Secara fisik Anda tentu telah mengenali diri Anda dengan baik. Misalnya berapa tinggi dan berat tubuh Anda, apa warna rambut dan kulit Anda, atau bagaimana bentuk mata Anda. Anda tentu juga mengetahui secara pasti tempat dan tanggal lahir Anda, dimana tempat tinggal Anda, dan apa pekerjaan Anda. Tetapi hal-hal fisik ini tidak cukup untuk mengenali diri sendiri. Anda dituntut untuk mengenali hal-hal yang bersifat non-fisik seperti bagaimana sifat, watak, kebiasaan, dan kepribadian Anda. Dari hal-hal seperti inilah kualitas diri Anda terbentuk.

3. JANGAN MENYESALI DIRI
Setiap orang tak lepas dari kelemahan dan kekurangan. Namun jangan sekalipun menyesalinya. Tak perlu repot membandingkan kekurangan Anda dengan kelebihan orang lain. Toh disamping kekurangan, Anda juga punya potensi lain dan kelebihan. Dan jangan sampai Anda menempuh 'jalan pintas' untuk merubah diri Anda. Lebih baik gali kelebihan Anda untuk menutupi kekurangan Anda.


4. EVALUASI DIRI
Lakukan evaluasi terhadap diri sendiri untuk mencapai apa yang Anda inginkan. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan identifikasi terhadap berbagai hambatan maupun hal yang memperlancar kesuksesan Anda. Ini mencakup berbagai aspek baik fisik maupun non fisik. Misalnya bagaimana cara bicara dan berpakaian Anda, bagaimana sifat dan karakter Anda. Jika Anda merasakan kekurangan di satu sisi maka Anda harus berusaha membenahinya. Mintalah bantuan orang lain yang mengenal Anda untuk mengevaluasi diri. Jadi Anda akan mendapatkan penilaian obyektif tentang diri Anda dan hal ini bisa menjadi masukan berharga bagi pengembangan diri.


5. HARGAI DIRI SENDIRI
Berpikirlah positif tentang diri Anda. Sekalipun Anda punya kekurangan, Anda tidak boleh menilai buruk dan membenci diri sendiri. Jika Anda selalu dibayang-bayangi kelemahan Anda, Anda akan kesulitan menerima dan menghargai diri sendiri. Maka Anda harus memulainya dari diri Anda. Jika Anda saja sudah tidak menghargai diri sendiri, bagaimana dengan orang lain?

6. PERCAYA DIRI
Pede atau rasa percaya diri yang Anda miliki bisa menjadi modal dasar dalam menerima diri sendiri. Anda dapat menerima diri Anda sendiri dalam segala suasana dan kondisi apapun. Kepercayaan diri ini memudahkan Anda menjadi diri sendiri. Karena Anda memiliki kebanggaan yang bersifat pribadi terhadap diri. Tapi tentu saja Anda tidak bisa puas hanya dengan rasa pede. Lebih jauh, Anda juga harus terus menggali dan meningkatkan hal-hal yang dapat meningkatkan rasa pede Anda.


Terlepas dari hal-hal di atas, Anda harus didukung oleh sikap dan pemikiran yang realistis. Artinya Anda harus menyadari bahwa Anda tidak mungkin bisa menyamai orang lain, baik fisik, kepandaian, ataupun kesuksesannya. Anda juga bisa mencapai sukses namun bukan kesuksesan seperti yang orang lain capai. Ingatlah, apapun adanya diri Anda, Anda harus menerima dan menghargai diri sebagai pribadi yang memiliki segala kekurangan dan kelebihan. Yang penting, Anda dapat menggali kelebihan Anda sendiri tanpa mencontek kelebihan orang lain. Dengan demikian, Anda akan menjadi pribadi yang kuat dan bersahaja. Dan sukses pun siap Anda gapai....!!!
< >

10 Tanda Cewek Berbohong

Reaksi:
1. Bahasa tubuh menggoda
Saat seorang wanita ingin mengalihkan perhatian dari sesuatu, ia akan berubah menjadi lebih seksi dan menggoda pasangan. Tujuannya agar pasangan pria lupa.

2. Kejutan tidak menyenangkan
Jika tidak merasa menyukai hadiah atau melakukan sesuatu yang buruk, wanita akan mengganti rasa bersalahnya dengan sebuah kejutan. Memberi hadiah atau bunga tanpa alasan bisa menjadi barometer ada sesuatu yang ia sembunyikan.

3. Tanggapan berbeda
Apakah Anda menanggapi pertanyaan dan keingintahuan pasangan dengan santai atau sebaliknya? Penjelasan yang terbata-bata atau emosional tanpa sebab bisa menjadi tanda-tanda Anda sedang berkelit.

4. Bahasa terlalu formal
Anda menyatakan alasan kepada kekasih hampir seperti pada orang yang tak dikenal. Hati-hati, si dia bisa merasa pernyataan Anda seperti pidato yang telah dipersiapkan dan sangat berhati-hati.

5. Menunjukkan sikap bermusuhan
Anda yang langsung emosi dan marah saat ditanya mengenai sesuatu menunjukkan sikap defensif. Jika benar-benar peduli, Anda akan menghapus semua tuduhan itu dengan menjawab pertanyaan apa adanya.

6. Bahasa tubuh
Gelisah, menghindari kontak mata dengan pasangan dan gerakan berulang-ulang adalah pertanda buruk wanita menyembunyikan sesuatu.

7. Selalu berbohong
Biasanya wanita hampir selalu berbohong kepada orang lain untuk kepentingannya sendiri. Jadi, bukan tidak mungkin pasangan juga menjadi salah seorang korban karakternya yang berkompromi terhadap kebohongan.

8. Menghilangkan detil cerita
Wanita bercerita panjang lebar namun tidak menyertakan detil-detilnya. Seringkali dengan bahasa tubuh yang gugup.

9. Mengaku tak pernah memikirkan mantan
Dengan tegas wanita menolak ia masih mengingat mantan kekasihnya. Bisa jadi wanita tengah berbohong. Setiap wanita pasti pernah mengenang kehilangan cinta, meskipun hubungan yang sedang dijalani baik-bak saja.

10. Pria perlu dengarkan kata hati
Pria perlu mendengarkan naluri bila berpikir ada sesuatu yang mencurigakan. Lebih baik tanyakan pada wanita untuk menghindari paranoia. Namun, jika pria masih merasa sesuatu tidak beres setelah mendengar penjelasan dari pihak wanita, kemungkinan besar memang ada sesuatu yang terjadi.
< >

9 Jenis " jombLO "

Reaksi:
Ternyata dalam status Jomblo itu terbagi-bagi menjadi 9 jenis status jomblo. Hal ini tidak pernah saya pikirkan, entah saya ini memiliki status jomblo apa dan bagaimana ciri-cirinya. Karena bagi saya yang namanya jomblo itu ya sendirian ga punya pacar entah itu cewek maupun cowok. Ga ada masalah kok dengan status yang namanya jomblo itu. Buktinya tetep aja happy-happy ajah orang-orang jomblo. Yah memang ada plus dan minusnya sih. Tapi yang jelas orang jomblo bukan berarti ga laku cuman belum laku :P wkakakakkakaaa

Ya udah mari kita simak langsung jenis-jenis status jomblo.

1.Jomblo Sejati
Jomblo yang satu ini murni belum pernah pacaran, belum mengerti tentang cinta, fokus pikirannya hanya belajar dan belum pernah naksir siapa siapa. Ciri-cirinya : Kacamata tebal, penampilan tidak terjaga, fashion berantakan dan sering keliatan korek upil didepan umum.

2.Jomblo Sniper
Jomblo yang ini belum pernah pacaran tetapi sudah ada yang sejak lama ditaksirnya hanya saja blom berani nembak sampe sekarang. Ciri-cirinya : Sering tidak keliatan di tempat umum karena kurang PD dan nyali, sering mangkal ditempat tempat sepi, kadang membawa teropong untuk mengintai dan terlihat membawa banyak karet gelang untuk nembak cicak didinding.

3.Jomblo Negatif
Yang satu ini baru jadi jomblo setelah dipecat (dibaca:ditinggal/diputusin) oleh pacarnya dan berada dalam suasana sedih, desprated, dikecewakan, tidak bisa terima kenyataan dan membenci yang namanya cinta. Ciri-cirinya : Gampang sirik, sering kesel, bad mood, emosional dan membenci film film berbau romantis. So bagi yang lagi mesra mesra nya mohon hindari jomblo yang satu ini apalagi yang sabet mantan pacarnya. VERY DANGEROUS !

4.Jomblo Biru
Jomblo yang satu ini baru putus pacaran secara resmi (sama sama merestui) karena uda bosan atau jenuh dan lagi kosong. Ciri-cirinya : Wajah ceria seperti narapidana yang baru bebas, menikmati hidup dan menemukan kehidupannya kembali, sering terlihat hangout rame rame dan happy happy dan banyak lagi, kesimpulannya MERDEKA !

5.Jomblo Finale
Jomblo yang satu ini uda lagi dekat dekatnya dengan seseorang dan hampir melepas status kejombloannya. Ciri- cirinya : Setiap hari tidak terlepas dari cermin, make up, fashion update, bodycare, rajin rajin baca zodiak, sering senyum senyum sendiri kalo lagi baca SMS.

6.Jomblo Hunter
Jomblo yang ini menikmati kehidupan jomblonya dan sering sekali gonta ganti pasangan dan jomblo lagi, hunting lagi, jomblo lagi, hunting lagi dan seterusnya…jomblo lagi… Ciri-cirinya : Punya bakat selebriti, PD abis, daya tarik yang luar biasa, terlihat sering tebar pesona sana sini dan makanan sehari hari : add friend di Facebook.

7.Jomblo Impossible
Khusus cowok, yang ini berstatus jomblo karena yang ditaksirnya adalah seseorang yang tidak mungkin didekati lagi, seperti selebriti selebriti (Britney, JLo, Maskot Kensington), istri tetangga, pacarnya konglomerat, istri simpanan bos, dll Ciri-cirinya : Selalu tampil keren 24 jam sehari 7 hari seminggu, kalo berbicara seperti aktor dan merasa dirinya Tom Cruise.

7.Jomblo Forever
Khusus cewek, yang ini berstatus jomblo karena menunggu dan berharap bisa menikahi pria idaman seperti :Andy lau,Jang Dong Gun,Brad Pitt. Ciri-cirinya : Terlihat menempel foto, poster idolanya dimana mana, dikamar tidur, kamar mandi, buku tulis, wallpaper handphone dan dalam dompetnya. Dalam doanya : Jadikanlah aku cinderela dan Jang Dong Gun Pangerannya.

9.Jomblo Error
Jomblo ini belum pernah bisa sukses pacaran karena asal nembak seseorang gagal terus, nembak yang lain ditolak terus dan selalu naksir seseorang yang sudah ada yang punya. Kacihan deh loe. Ciri-cirinya : Selalu keliatan berapi api, bernafsu, kalo kenalan langsung tawarin tunangan besoknya langsung ngajak merried. Kata kata pertama sewaktu kenalan

nah....,, kamu masuk dalam kategori yg mana ??
< >

10 tips untuk cowok jomblo.....!!!

Reaksi:
1. Jujur
Jika anda merasa telah bertemu dengan seorang cewek idaman, tunjukkan bahwa anda adalah pria jujur, sopan, sekaligus charming ... Jika ia ingin sharing, curhat atau sekedar ngobrol, tunjukkan juga kalau anda sangat antusias untuk mendengarkan ceritanya. Setelah itu anda akan merasakan indahnya dikelilingi para cewek. 

2. Jangan Banyak Menilai
No Body Perfect. Hal inilah yang kerap dilupakan para cowok (termasuk cewek juga). Usahakan untuk tidak membandingkan seorang cewek dengan cewek lain, bisa-bisa dia malah sebal.

3. Jangan Mengikat
Anda tidak boleh mengikatnya. Beri dia ruang gerak, maksudnya jangan keseringan 'berkeliaran' di sekitar dia. Biarkan si dia menebak dimana anda berada, sedang ngapain dan sama siapa. Asal tahu saja, ketidakhadiran anda itu, justru bisa menumbuhkan rasa penasaran dan kerinduan dalam dirinya.

4. Willing Saat dia bercerita,
tunjukkan kesan bahwa anda tertarik dan antusias mendengarkannya. Tunjukkan pula bahwa anda bersedia mendengarkan keluhan dan curahan hatinya. Entah cerita biasa-biasa saja atau masalah keluarga, pekerjaan, hobi, sampai mimpi-mimpinya. Jangan lupa untuk menanggapi cerita-ceritanya dengan pendapat yang brilian, tanpa terkesan menggurui.

5. Humor
Survei membuktikan 9 dari 10 wanita menyukai cowok yang punya selera humor tinggi. Jadi leontarkan humor2 yg cerdas tapi jangan terlalu keseringan.

6. Tampil menarik
Tidak perlu penampilan berlebihan, anda cukup memastikan bahwa anda tampil bersih, harum, nafas segar, dan nggak berantakan. Cewek pasti banyak yang melirik.

7. Jangan Terlalu Nafsu
Saat lagi PDKT, cobalah tahan hasrat dalam diri dan tahan air liur anda. Nelpon? Boleh aja kok, tapi jangan terlalu terlalu sering. SMS or kirim email? Boleh .. tapi jangan ngegombal melulu. Batasi kontak anda dengannya, seperlunya saja. Namun usahakan agar isi pembicaraan cukup bermakna dan membuat dia terpesona.

8. Jual Mahal
Meskipun yakin si cewek udah jatuh hati pada anda atau bahkan udah ngebet banget, coba pura-pura nggak butuh atau bisa juga berlagak cuek kalau anda sedang di dekatnya. Dijamin dia bakalan penasaran abis.

9. Buat Dia Penasaran
Bukan rahasia lagi kalo yang namanya cewek itu demen banget dengan segala sesuatu yang bersifat misterius. Maka dari itu di kesempatan pertama, anda tidak usah langsung membuka diri. Beri sedikit informasi tentang siapa sebenarnya anda. Biarkan rasa ingin tahunya tentang diri anda terus tumbuh dan berkembang. Dengan begitu, dia pun akan selalu berharap untuk bisa mengenal anda lebih jauh lagi.

10. Jangan Sok Akrab
Banyak cewek lebih memilih menjadi sahabat ketimbang menjadi kekasih. Alasannya adalah, bila dia merasa hubungan dengan anda sudah kelewat dekat, perasaannya bisa berubah utk lebih enak untuk menjadikan anda teman saja.

NB :
Demikian 10 tips disenangi cewek hasil pengalaman 10 kali pacaran, dengan catatan 9 kali gagal, 1 kali berhasil. Maju terus pantang mundur, selamat berjuang para jomblo. wakkakakkakakakaaa Semoga bermanfaat ....!!!!
< >

8 Fakta Penyebab Cewek Selingkuh.....!!!!!

Reaksi:
1. Petualangan baru
Hampir tidak ada cewek yang memiliki rencana untuk berselingkuh. Biasanya,dorongan tersebut muncul secara tiba-tiba.Mereka melakukannya karena merasakan hal tersebut sebagai petualangan yang baru dan berbeda--that's it!

2. Ada kesempatanTak jarang,
Cewek berselingkuh karena kesempatan jatuh begitu saja ke pangkuan mereka. Hal itu seringkali membuat mereka merasa tersiksa setengah mati, sebab mereka tetap ingin merasa baik terhadap diri mereka sendiri.

3. Reaksi spontan
Memutuskan untuk berselingkuh merupakan sebuah reaksi spontan.Mereka merasa sayang melewatkan kesempatan emas yang lewat didepan mata.

4. Mengusir kemonotonan
Suatu hubungan kadang kala bisa terasa begitu hambar dan monoton bagi perempuan, sehingga mereka perlu membumbuinya dengan melirik lelaki lain. Dalam beberapa kasus,perbuatan tersebut menjadi sebuah kebodohan yang akhirnya mereka sesali.

5. Tidak serius berkomitmen
Hati-hati menjalin hubungan jika si dia tidak serius dalam berkomitmen. Perempuan semacam ini biasanya hanya ingin bersenang-senang dan tidak terlalu peduli dengan jalinan hubungan. Begitu merasa bosan dan terkekang,mereka akan segera pergi meninggalkan Anda untuk mencari LeLaki lain sebagai korban.

6. Memacu adrenalin
Meskipun terdengar konyol, tapi tidak sedikit Perempuan yang berselingkuh hanya untuk memacu adrenalinnya. Bukan rahasia lagi bahwa perempuan merupakan mahluk yang sangat tergila-gila dengan tantangan.Menurut mereka,berselingkuh merupakan cara termudah untuk memacu adrenalin dibandingkan jika harus melakukan kejahatan.

7. Balas dendam
Nah, lain lagi dengan masalah yang satu ini.Ada juga Perempuan yang berselingkuh karena telah diselingkuhi lebih dulu oleh kekasihnya.Ups! Meskipun tidakakan menyelesaikan persoalan, mereka sudah cukup puas bisa menyaksikan wajah penuh emosi sang kekasih saat mengetahui aksi balas dendam itu.

8. Tidak kuat mental
Sebagian Perempuan berusaha berkali-kali menolak godaan untuk berselingkuh. Akan tetapi, dalam beberapa kasus mereka tidak kuat mental sehingga akhirnya menyerah juga.
< >

8 Kebiasaan Buruk Yang Biasa Dilakukan Cewek Ketika Pacaran..!!!!

Reaksi:
1. Ingin Mengubah Sifat dan Kebiasaan Cowok
Cewek yang selalu maunya mengubah cowoknya adalah cewek yang bawel, cerewet, banyak bacot, dan full of crap. Kebiasaan yang dalam bahasa Inggrisnya disebut “nagging” ini pada akhirnya akan mengurangi
daya tarik kamu secara drastis. Maka dari itu, kalau kamu mau cowok yang rapi, cari cowok yang rapi. Kalau mau cowok yang bersih, cari cowok yang bersih! Kalau mau yang kaya, cari yang kaya! Kalau mau cowok yang nurut, cari yang nurut.

2. Menomorduakan Cowok
Cowok mana sih yang mau aja dinomorduakan, dinomortigakan, atau diberi prioritas yang lebih rendah lagi dalam dunia seorang cewek? Jawabannya hanya ada satu. Cowok lossy! Pada dasarnya cowok memilih lebih baik dia mencari cewek lain lagi di mana dia selalu menjadi nomor satu.

3. Ngambek Tujuh Hari & Tujuh Malam
Kamu pikir cowok suka sama cewek yang sekali marah bisa ngambek tujuh hari dan tujuh malam? Misalnya saya yang jadi cowoknya sih, kalau kamu mau begitu ya terserah. Mendingan selama kamu lagi ngambek, saya cari cadangan pengganti kamu. Kecuali pacar kamu adalah seorang cowok lossy, salah salah begitu ngambek kamu hilang, kesabaran dia pun udah hilang.

4. Menuntut Cowok untuk Membaca Pikiran Cewek
Kalau cowok salah beli hadiah ulang tahun kamu, kamu bilang dia nggak memperhatikan kesukaan kamu. Kalau dia pilih pergi sama temannya gara gara kamu bilang terserah dia mau ke mana, kamu bilang dia lebih mementingkan temannya.Kalau dia ajak kamu makan di restoran yang salah, kamu bilang dia nggak tau makanan kesukaan kamu. Kalau dia berkeras traktir kamu melulu, kamu bilang dia ada maunya. Cewek sering protes kalau cowoknya nggak punya ide, tapi cewek sendiri kalau punya ide nggak mau bilang terang terangan. Mungkin cowok dan cewek nggak jauh berbeda, tapi paling nggak, cowok umumnya nggak ngambek kalau ceweknya salah menebak keinginannya. Karena itu ya cewek cewek, jangan harapkan cowok
kamu untuk bisa membaca pikiran kamu. Kemungkinan besar mereka nggak akan pernah bisa!

5. Menyebut Kekurangan Cowoknya di Depan Umum
Cowok yang mau dipermalukan oleh ceweknya di depan umum adalah cowok lossy, dan itu udah nggak ada tawar menawar lagi. Kalau cowok kamu kabur gara gara ini, mungkin kamu perlu pasang rem yang pakem
di mulut kamu. Yang perlu kamu jaga adalah hal hal yang sifatnya pribadi. Kalau kamu merasa bahwa kamu sering mempermalukan cowok kamu di depan umum, mungkin ini pertanda tidak puasnya kamu terhadap hubungan kamu berdua. Coba kamu pikir baik-baik dan analisa apa yang kurang, daripada hanya bisa buka mulut dan nggak mengerjakan apa-apa.


6. Berpandangan Bahwa Cowok Harus Selalu Membayar
Hanya ada satu situasi di mana cewek sama sekali nggak keberatan membayar: kalau untuk keperluannya sendiri. Apakah kamu cewek yang seperti ini? Kalau kamu jawab iya, artinya kamu adalah seorang gold
digger. Kalau cewek mau disejajarkan dengan cowok, kenapa nggak traktir cowok sesering cowok traktir cewek? Kenapa cowok harus membayar melulu? Hubungan percintaan yang benar adalah saling memberi dan menerima dan bukan menerima terus atau memberi terus.

7. Terlalu Mementingkan Teman Teman
Cewek sesekali boleh mementingkan kepentingan sobat-sobat cewek Anda tapi jika kamu sebagai cewek terus atau sering berperilaku seperti ini maka jangan salah jika cowok anda meninggalkan anda.

8. Harus Diperlakukan Seperti Ratu Agung
Kalau kamu maunya diperlakukan seperti ratu agung terus menerus, artinya kamu adalah cewek yang maunya menerima melulu dan jarang mau memberi. Mengapa cewek menuntut untuk disamakan dengan cowok dan secara bersamaan juga minta ditempatkan pada posisi yang lebih tinggi seperti ratu agung? Mana konsistensinya? Inilah bukti di mana cewek tipe ini hanya mau enaknya saja. Kalau kamu cewek yang selalu minta diperlakukan seperti ratu agung, mungkin kamu perlu segera mulai memperlakukan cowok kamu seperti
raja agung sebelum dia kabur.

Semoga artikel ini ada manfaatnya buat cowok2 dan cewek2 dan cuma diambil hikmah positifnya. bukan untuk dijadikan bahan pertengkaran atau perdebatan. Karena artikel yang saya sampaikan ini hanyalah untuk interospeksi diri agar mendapat kehidupan yang lebih baik ke depannya. 
< >

Penyebab Cewek dan Cowok Tidak Punya Pacar !!!

Reaksi:
Para pemuda-pemudi dan juga para pria dan wanita yang sudah tidak muda lagi namun masih lajang atau duda secara umum memiliki keinginan untuk memiliki pasangan hidup.
Sebelum terikat hubungan pernikahan ada tahapan perkenalan dan pengikraran antara laki-laki dan perempuan yang dinamakan pacaran.
Pacaran yang baik adalah sebatas kenal- mengenal saja untuk menuju tahap serius atau pun putus.

Pacaran yang buruk adalah jika hanya untuk iseng,nafsu, gaya,dendam, gengsi dan lain-lain.

Berikut di bawah ini adalah hal- hal yang membuat seseorang tidak pacaran / tidak punya pacar baik sementara ataupun permanen:

1.Kurang Menarik Perhatian Lawan Jenis,
Sudah jelas secara fisik orang yang kurang bisa merawat diri dan bersolek diri akan terlihat kurang menarik di mata lawan jenis.Di samping itu jika tidak punya pekerjaan tetap,tidak pandai,tidak waras dan sebagainya sudah barang tentu akan jauh dari lawan jenis.

2.Belum Minat/Tidak Ada Upaya dan Usaha Mencari Pasangan,
Ada orang-orang yang memang senang hidup sendiri dengan berbagai alasan misalnya karena ingin menyelesaikan kuliah dulu atau ingin hidup mapan dulu. Pada suatu ketika setelah tersadar atau impiannya tercapai mungkin orang tipe ini akan mulai mencari pasangan.

3.Sibuk Dengan Urusan Lain/Tidak Ada Waktu ,
Yang satu ini sebenarnya ingin punya pacar,namun karena kesibukan aktivitas atau pekerjaan menyebabkan keinginannya harus tertunda karena tidak sempat cari pacar.Mungkin bisa jadi orang ini bisa mendapat pacar di tempat kerja atau tempat di menyibukkan dirinya.

4.Trauma
Bisa jadi karena kehidupan di masa lalu bisa membuat seseorang tidak berani berpacaran. Contohnya seperti karena dulu melihat kekerasan dalam rumah tangga, pernah jadi korban pelecehan,orang tua cerai,takut mengurus anak/punya anak,takut melahirkan,dll.

5.Terlalu Banyak Pilih-Pilih dan Mencari Yang Sempurna,
Tidak ada manusia yang sempurna memang berlaku pada sebagian orang yang belum menikah dan belum punya pacar. Orang-orang semacam itu akan mencari yang terbaik dari yang terbaik,
Contohnya
cari cowok yang ganteng,keren,kaya,eksmud,soleh,mapan,mandiri dll di mana semua harus ada pada satu orang.Ada juga yang terus mencari orang kaya walaupun orangnya biasa-biasa saja.

6.Ada Kelainan,
Seperti yang kita tahu bahwa tidak semua orang normal suka dengan lawan jenis.Ada yang suka dengan sesama jenis walaupun terlarang.
Dengan begitu orang- orang yang mengalami kelainan ini akan bingung untuk pacaran dengan lawan jenis atau tidak.

7.Tidak Percaya Diri,
Orang yang pemalu akan bersifat menunggu ada lawan jenis yang suka dengan dia.Walaupun begitu,si pemalu ini tetap akan mencari yang terbaik dari banyak cewek atau cowok yang suka dengan dirinya.Banyak hal yang memicu sifat pemalu seperti merasa jelek,merasa miskin,merasa bodoh dll.

8.Tidak Mau Pacaran dan mau Langsung Nikah,
Orang-orang yang berpegang teguh pada ajaran agama biasanya lebih suka meniadakan masa-masa pacaran.Yang ada hanya berkenalan seperti biasa dalam waktu yang singkat lalu jika merasa cocok langsung mengajak menikah.

9.Dilarang Orang Tua/Wali,
Laki-laki dan perempuan yang masih anak-anak biasanya akan dilarang pacaran oleh orangtua untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Anak yang patuh pada orang tua akan melaksanakannya,namun yang tidak patuh akan pacaran diam-diam alias pacaran gaya backstreet.

10.Budaya Masyarakat,
Jika kebiasaan atau adat budaya yang berlaku di lingkungan sekitar tidak begitu menghargai pacaran,karena misalkan lebih setuju dengan langsung nikah,perjodohan dll.Orang yang melanggar biasanya akan mendapat sanksi sosial seperti diusir, dimusuhi, dan dikucilkan dll 
< >

10 Kepribadian yang disukai !!!

Reaksi:
Beberapa kepribadian yang disukai baik pria ataupun wanita:

1. Ketulusan menempati peringkat pertama sebagai sifat yang paling disukai oleh semua orang.
Ketulusan membuat orang lain merasa aman dan dihargai karena yakin tidak akan dibodohi atau dibohongi. Orang yang tulus selalu mengatakan kebenaran, tidak suka mengada-ada, pura-pura, mencari-cari alasan atau memutarbalikkan fakta. Prinsipnya “Ya diatas Ya dan Tidak diatas Tidak”. Tentu akan lebih ideal bila ketulusan yang selembut merpati itu diimbangi dengan kecerdikan seekor ular. Dengan begitu, ketulusan tidak menjadi keluguan yang bisa merugikan diri sendiri.

2. Beda dgn rendah diri yg merupakan kelemahan, kerendahhatian justru mengungkapkan kekuatan.
Hanya orang yang kuat jiwanya yang bisa bersikap rendah hati. Ia seperti padi yang semakin berisi semakin menunduk. Orang yang rendah hati bisa mengakui dan menghargai keunggulan orang lain. Ia bisa membuat orang yang diatasnya merasa oke dan membuat orang yang di bawahnya tidak merasa minder.

3. Kesetiaan sudah menjadi barang langka & sangat tinggi harganya.
Orang yg setia selalu bisa dipercaya dan diandalkan. Dia selalu menepati janji, punya komitmen yang kuat, rela berkorban dan tidak suka berkhianat.

4. Orang yang bersikap positif
Selalu berusaha melihat segala sesuatu dari kacamata positif, bahkan dalam situasi yang buruk sekalipun. Dia lebih suka membicarakan kebaikan daripada keburukan orang lain, lebih suka bicara mengenai harapan drpd keputusasaan, lebih suka mencari solusi daripada frustasi, lebih suka memuji daripada mengecam, dsb.

5. Karena tidak semua orang dikaruniai temperamen ceria,
Maka keceriaan tidak harus diartikan ekspresi wajah dan tubuh tapi sikap hati. Orang yang ceria adalah orang yang bisa menikmati hidup, tidak suka mengeluh dan selalu berusaha meraih kegembiraan. Dia bisa mentertawakan situasi, orang lain, juga dirinya sendiri. Dia punya potensi untuk menghibur dan mendorong semangat orang lain.

6. Orang yang bertanggung jawab akan melaksanakan kewajibannya dengan sungguh-sungguh.
Kalau melakukan kesalahan, dia berani mengakuinya. Ketika mengalami kegagalan, dia tidak akan mencari kambing hitam untuk disalahkan. Bahkan kalau dia merasa kecewa dan sakit hati, dia tidak akan menyalahkan siapapun. Dia menyadari bahwa dirinya sendirilah yang bertanggung jawab atas apapun yang dialami dan dirasakannya.


7. Rasa percaya diri memungkinkan seseorang menerima dirinya
Sebagaimana adanya, menghargai dirinya dan menghargai orang lain. Orang yang percaya diri mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan dan situasi yang baru. Dia tahu apa yang harus dilakukannya dan melakukannya dengan baik.

8. Kebesaran jiwa dapat dilihat dr kemampuan seseorang memaafkan orang lain.
Orang yang berjiwa besar tidak membiarkan dirinya dikuasai oleh rasa benci dan permusuhan. Ketika menghadapi masa-masa sukar dia tetap tegar, tidak membiarkan dirinya hanyut dalam kesedihan dan keputusasaan.

9. Orang yang easy going menganggap hidup ini ringan.
Dia tidak suka membesar-besarkan masalah kecil. Bahkan berusaha mengecilkan masalah-masalah besar. Dia tidak suka mengungkit masa lalu dan tidak mau khawatir dengan masa depan. Dia tidak mau pusing dan stress dengan masalah-masalah yang berada di luar kontrolnya.

10. Empati adalah sifat yg sangat mengagumkan.
Orang yg berempati bukan saja pendengar yang baik tapi juga bisa menempatkan diri pada posisi orang lain. Ketika terjadi konflik dia selalu mencari jalan keluar terbaik bagi kedua belah pihak, tidak suka memaksakan pendapat dan kehendaknya sendiri. Dia selalu berusaha memahami dan mengerti orang lain.
< >

9 Strategi Membahagiakan Diri Sendiri

Reaksi:
Menjadi bahagia adalah hak Anda. Tak perlu menunggu perasaan menyenangkan ini didatangkan oleh pihak lain. Anda bisa menciptakan rasa bahagia untuk diri sendiri. Hilangkan energi negatif dari dalam diri dengan menjalani sembilan strategi.

Anda bisa membahagiakan diri sendiri dengan strategi yang disarikan SELF dari buku The Nine Rooms of Happiness: Loving Yourself, Finding Your Purpose and Getting Over Life’s Imperfections, karangan Lucy Danziger and Catherine Birndorf, MD.

1. Filter diri
Boleh jadi masa kecil atau masa remaja Anda begitu membahagiakan. Kehangatan keluarga ataupun berbagai hubungan atau peristiwa di masa lalu membuat Anda merindu masa lalu. Jika perlu Anda kembali ke masa-masa itu, karena cenderung tak menyukai keadaan saat ini.  Keinginan seperti ini wajar saja muncul. Freud menyebutnya screen memories yakni bahwa kita cenderung melakukan filter atas hidup kita melalui berbagai memori di masa lalu. Berhentilah memikirkan masa lalu. Hiduplah untuk masa sekarang. Hidup Anda adalah saat ini bukan masa lalu, camkan itu agar Anda lebih bahagia.


2. Refleksi diri
Berkacalah, lihat diri Anda lebih dalam. Kenali seperti apa Anda saat ini. Minta juga pendapat orang-orang tepercaya di kehidupan Anda, tentang diri Anda. Apa yang mereka pikirkan dan rasakan, Refleksi diri mengajarkan Anda untuk mengikuti intuisi, dan bahkan mengasahnya. Kenali diri Anda dengan jujur. Kuncinya, ambil pesan positif dari diri Anda dan dari opini orang lain tentang Anda.


3. Berani berubah
Jika Anda tak menemukan bahagia dengan hubungan saat ini, atau berbagai hal seputar kehidupan Anda, pekerjaan atau apapun juga. Buatlah perubahan pada diri sendiri atau isu yang ingin Anda ubah. Jika isu menyangkut hubungan yang tak menyenangkan, cari solusinya dari diri sendiri dan hubungan tersebut. Lakukan penyesuaian, tingkatkan toleransi, perbaiki hubungan atau tinggalkan hubungan jika terasa sudah semakin tak sehat. Yang bisa Anda lakukan adalah tindakan mengubah diri sendiri dan hubungan tersebut. Artinya, Anda tak bisa membuat orang lain (dalam hubungan tersebut) berubah mengikuti cara dan keinginan Anda. Kuncinya, kebahagiaan akan Anda rasakan dengan melakukan perubahan untuk diri sendiri bukan mengubah orang lain.


4. Membangun hubungan, bukan menyatukan
Anda tentu sering mendengar, keberadaan Anda atau orang lain yang dikasihi, adalah saling melengkapi. Anda sebenarnya sudah lengkap, utuh sebagai seorang individu. Anda tak perlu dilengkapi oleh orang lain. Yang terjadi adalah, Anda dan orang lain yang menjalin hubungan, bisa kekasih, suami, sahabat, bertugas saling membangun hubungan. Tujuannya bukan saling melengkapi atau menyatukan perbedaan. Ibarat lingkaran, Anda dan orang lain adalah lingkaran utuh yang bertemu dan membentuk diagram venn. Anda dan suami misalnya, bukan menyatukan dua individu berbeda, namun saling membangun hubungan yang sifatnya tumpang tindih. Karakter Anda dan pasangan bisa saja saling bertabrakan, namun temukan kebahagiaan dari perbedaan ini dengan saling menghubungkan. Kuncinya, Anda dan orang lain yang membangun hubungan perlu saling menambal sulam, bukan saling melengkapi atau menyatukan. Apapun masalah yang Anda hadapi, dengan menerapkan cara ini, Anda akan merasa lebih bahagia karena mampu menerima kondisi dan mengatasinya dengan energi positif dari dalam diri.


5. Hentikan atau kurangi narsisme
Menjadikan diri sendiri sebagai pusat perhatian bisa diartikan negatif dan positif. Persepsi Anda terhadap diri sendiri tak sepenuhnya selalu benar. Terlalu percaya diri berlebihan dan berbangga dengan diri sendiri tak memudahkan Anda dalam menjalin hubungan, dengan siapa pun. Termasuk juga jika Anda terlalu keras terhadap diri sendiri. Dengan mengasihani diri, mengkritik diri sendiri atau hanya melihat kelemahan dalam diri. Emosi negatif yang berfokus pada diri sendiri ini juga tak lantas memudahkan hubungan dengan orang lain. Segeralah keluar dari perangkap narsisme negatif dan positif yang berlebihan, jika Anda benar-benar ingin merasakan kebahagiaan sebagai individu.


6. Berdamai dengan diri sendiri
Cobalah untuk memahami perbedaan, konflik atau berbagai ketidaknyamanan lain dalam berbagai relasi sosial dan lingkungan. Berdamailah dengan diri sendiri saat menghadapi masalah, konflik atau masa sulit. Toleransi adalah sikap yang bisa dipelajari. Latihlah sikap ini dan jangan pernah membiarkan konflik atau ketidaksepahaman berdampak buruk pada diri Anda. Buatlah diri Anda bahagia dengan mentoleransi masalah, menerimanya sebagai bagian perjalanan hidup yang harus Anda alami. Upayakan agar Anda tak menjadi lemah karena berbagai masalah.


7. Tak perlu bersandiwara
Bersikaplah jujur tanpa perlu bersandiwara. Jika Anda tak bisa menghadiri undangan pernikahan sahabat Anda, katakan alasan sejujurnya. Tak perlu mengarang cerita karena merasa tak enak menyampaikan berita tak menyenangkan tersebut. Atau Anda tak perlu berpura-pura tak ada masalah dengan teman padahal Anda menyimpan amarah. Yang akhirnya membuat Anda kerapkali membatalkan janji atau merancang rencana palsu, untuk menghindar darinya. Sandiwara sangat mungkin terjadi kapan saja dan selalu ada celah untuk melakukannya dalam kehidupan Anda. Terutama ketika Anda dihadapkan pada situasi yang berhubungan dengan atasan, orangtua, kakak atau siapapun yang lebih punya kuasa atas diri Anda.


8. Batasi diri
Apakah Anda termasuk tipikal individu yang senang membantu orang lain tanpa pamrih? Orang terdekat Anda bahkan sudah sangat hafal dengan sifat Anda yang terlalu baik ini. Jika Anda bertemu orang yang tepat, tak jadi soal. Justru orang yang mampu melihat sisi buruk dari imej ini akan mengingatkan Anda untuk membatasinya. Tetapi hal ini tidak akan terjadi pada orang lain yang akan memanfaatkan kebaikan tulus dari dalam diri. Jadi, Anda lah yang harus membatasi diri. Tak ada yang salah dengan sifat penolong dan baik hati, namun cobalah melatih membatasi diri. Anda memiliki batasan. Anda tak selamanya bisa menolong orang lain, meskipun Anda akan mengupayakannya. Tetap saja, jangan pernah biarkan orang lain memanfaatkan sisi baik dari dalam diri ini.


9. Buatlah keputusan
Apapun masalah yang Anda hadapi, buatlah keputusan untuk mengakhiri ketidakpastian dan menciptakan kebahagiaan. Anda berhak menunda keputusan yang juga adalah pilihan keputusan. Atau Anda bisa membuat pilihan untuk menyatakan sikap dan melanjutkan kembali perjalanan Anda. Selalu ada dua pilihan dalam hidup bukan? tentukanlah pilihan, menjalani apa yang ada sekarang ini atau berkembang dengan membuat keputusan yang membuat keadaan menjadi berbeda. 
< >

Tipe cewek yang di sukai sama cowok.....!!!!

Reaksi:
1. Cewek yang selalu berpikir positif
Cewek yang selalu ceria saat ketemu cowoknya dan mampu membuat setiap acara kencan jadi lebih berkesan. Cewek tipe ini, meskipun enggak terlalu cantik, bakal dianggap sebagai sesuatu yang tak ternilai. Setiap cowok yang menjadi pasangannya akan merasa berharga dan dicintai.

2. Cewek Baik Budi
Hampir semua cowok menyenangi cewek yang baik budi. Bagi mereka, itu lebih berharga dari pada materi. Mereka kagum pada cewek yang menunjukkan perhatian dan kepedulian pada hubungan mereka. Keluarganya, teman-temannya dan lingkungannya

3. Cewek Sensual
Tipe cewek ini punya daya pikat yang luar biasa. Mereka enggak pernah dengan sengaja menggunakan daya tarik seksualnya untuk memerangkap cowok, tetapi secara alamiah para cowok tertarik kepada mereka. Kalau lo enggak termasuk dalam tipe ini, jangan maksain diri, nanti malah dikira cewek ganjen!

4. Cewek Terus Terang
Tipe cewek ini tahu bagaimana berkomunikasi. Hal itu membuat cowok enggak perlu menebak-nebak isi hatinya. Para cowok mudah menyesuaikan sikap dengannya.

5. Cewek Mandiri
Tipe cewek yang membutuhkan kehadiran cowok, tetapi enggak tergantung padanya. Cowok merasa aman karena merasa enggak bakal disalahkan jika ada sesuatu yang enggak beres dalam hubungan mereka.

6. Cewek Pede
Cewek yang mencintai dan yakin pada diri mereka sendiri. Cewek seperti ini enggak membutuhkan perhatian dan sanjunan terus menerus, membuat cowok merasa nyaman dan betah bersamanya.

7. Cewek Yang Cerdas
Kecerdasan ibarat pancaran cahaya yang memukau siapa saja. Cewek tipe ini memiliki magnet yang kuat bagi orang di sekitarnya. Kepribadiannya membuat cowok-cowok berlomba menjadi kekasihnya.

8. Cewek yang Enggak Matre dan Mau Nerima Apa Adanya.
Tipe cewek yang seperti ini sangat oleh di kagumi para cowok. Para cowok akan menaruh hormat atas sikap si cewek yang enggak silau dengan uang yang dimiliki pasangannya. Cowok biasanya justru akan dengan sukarela memberikan suatu yang dimiliki, berapa pun nilainya. Mereka juga bisa menerima apa adanya keadaan cowoknya, saat si cowok dalam keadaan apapun (entah kaya atau miskin), si cewek bisa nerima apa adanya dan tetap ada di samping si cowok.

9. Cewek Setia
Kesetiaan adalah salah satu inner power yang punya getaran dan pengaruh yang kuat dalam jangka panjang. Cewek setia hamper selalu membuat cowok takluk karena merasa hormat padanya. Bentuk kesetiaan bukan semata-mata enggak berpaling ke cowok lain. Melaikan tetap bertahan di sisi pasangannya dalam keadaan terburuk sekali pun.

10. Cewek Ramah
Senyum memberi kehangatan tersendiri bagi cowok. Senyum hangat yang dipadu dengan kecerdasan dan ketulusan, merupakan ramuan diri keramahan yang sangat disukai oleh semua cowok. Di dekat cewek ramah, cowok merasa tenteram seperti berada di dekat ibunya.

11. Cewek Humoris
Cowok sangat senang pada cewek yang penuh canda. Bersama cewek yang humoris, mereka selalu merasa rileks sebab humor-humor cerdas memancarkan kehangatan yang khas pada diri mereka. Selain itu, selera humor yang tinggi akan membuat cewek tampak selalu ceria dan menyenangkan.

12. Cewek Fleksibel
Umumnya, cowok paling enggak suka dengan cewek yang keras kepala dan Cuma menuruti keinginannya sendiri. Bukan karena mereka mau dihormati, tetapi mereka merasa eneg dengan cewek yang enggak peduli dengan orang lain. Cewek yang enggak tanggap terhadap lingkungan dan alergi terhadap sesuatu yang baru.
Satu hal yang sering terjadi pada “Cewek kaku” adalah langsung cemberut bila tiba-tiba rencana berubah. Para cowok akan merasa bete dan justru semakin berlaku otoriter jika itu terjadi.


13. Cewek Jujur
Para cowok sangat senang dengan cewek yang enggak panuh kepalsuan. Mereka sangat hormat pada cewek yang enggak menutupi keberadaan dirinya dengan kemewahan atau keramahan yang dibuat-buat. Para cowok juga akan terpesona pada cewek yang bersikap wajar dan apa adanya, serta cewek yang pandai menyatakan apa yang ada dalam pikirannya.

14. Cewek dengan bentuk badan bagus
Yang ini sudah menjadi hal yang lumrah. Hampir seluruh cowok pasti suka dengan cewek bertubuh indah. Mereka suka cewek yang sintal dan berisi. Ukuran payudara besar memang suka menjadi topic pembicaraan kalau para cowok lagi ngobrol soal cewek. Namun, sesungguhnya, mereka enggak mendambakannya sebagai hal yang utama. Mereka juga enggak menyukai cewek yang kelewat feminim yang sangat terpengaruh oleh tren mode.

15. Cewek Hemat
Cowok sangat enggak suka dengan cewek yang boros. Akan tetapi, bukan berarti mereka menyukai cewek yang pelit. Mereka sangat menyayangi cewek yang pandai dan bijak menentukan pengeluaran. Mana yang harus dihemat, mana yang memang harus dilos. Cowok yang tetap memberi tempat istimewa bagi cewek yang boros pertanda sungguhnya mereka hanya menginginkan fisik saja.
< >

15 ciri tipe cowok pria yang berbakat KAYA

Reaksi:
1. BEBERAPA REKENING
Lihat apakah kekasih Anda punya rekening bank lebih dari satu. Ini bisa jadi indikasi dia berbakat kaya. Karena, biasanya orang yang punya rekening tabungan dua atau lebih cenderung berusaha mengatur uangnya dengan benar. Lelaki tipe ini memisahkan pos-pos pnghasilannya. Misal, satu rekening digunakan hanya untuk menerima transfer gaji dan belanja, rekening lainnya untuk tabungan.

2. SUKA MENOLONG
Tidak tepat jika orang yang suka menimbun harta, pelit, serta enggan berbagi dan memberi adalah orang yang berbakat kaya. Justru lelaki yang mudah tergerak hatinya dan gampang menolong oranglah yang pantas Anda lirik. Dia adalah tipe orang yang akan relatif mudah hidupnya. Entah bagaimana caranya, Anda berdua akan sangat jarang kesulitan uang. Dan yang terpenting, kenikmatan memberi itu memang tak ada penggantinya.

3. PUNYA CITA-CITA
Jangan harap Si Dia berbakat kaya jika hidupnya dialirkan bagai sungai, entah hendak bermuara di mana. Lelaki yang berbakat kaya selalu punya rencana besar dalam hidupnya. Ada sesuatu di masa depan yang hendak diraihnya. Untuk itu, dia akan punya rencana jangka pendek dan menengah untuk mencapai cita-citanya. Dalam bercita-cita, dia tidak takkut ada mmpi yang tampaknya mustahil.

4. TAK BERHOBI SPESIFIK
Lelaki yang punya hobi spesifik cenderung menghabiskan uangnya untuk hobinya. Ini juga berlaku untuk lelaki yang hobi berbelanja. Tentu saja ada orang yang punya hobi spesifik punya urat kaya. Namun, toh tidak semua orang punya nasib bisa kaya begitu saja. Lelaki yang tidak punya hobi spesifik biasanya akan mengeluarkan uangnya untuk berbelanja berdasarkan mood. Dia cenderung merasa tidak punya kebutuhan spesifik, sehingga enggan membeli seusatu.

5. BUTA HARGA
Dia tidak tahu persis apa bedanya barang mahal atau murah. Buatnya, kemeja ya kemeja. Bentuknya seperti itu, ada ukurannya yang pas dan pantas dipakai ke kantor. Lelaki seperti ini tidak akan bermasalah dengan kemeja murahnya.

6. HIDUNG BISNIS
Apakah Anda pernah mendengar dia mengatakan (kurang lebih), “Ini bisa jadi peluang bisnis. Bisa dicoba.” Artinya, dia dapat melihat sesuatu, sekecil apa pun, sebagai sebuah peluang bisnis. Tiak banyak orang yang punya kemampuan seperti ini. Jadi, kalau dia kerap melontarkan komentar yang berhubungan dengan peluang bisnis, bisa jadi ia memang berbakat kaya.

7. PEKERJA KERAS
Punya hidung bisnis saja tidak cukup tanpa kerja keras. Ini yang membedakan seorang pemimpi kelas berat dengan pengejar mimpi. Seorang pengejar mimpi akan berusaha sekuatnya untuk mewujudkan cita-citanya. Tentunya itu dengan kerja keras.

8. KEAHLIAN KHUSUS
Perhatikan deh, apakah Si Dia punya satu atau dua keahlian khsuus. Misalnya, dia menguasai komputer dengan baik, pandai melobi, atau apa pun. Kemampuan khusus ini bisa jadi modal dia dalam menjalani hidupnya. Lelaki tipe ini cenderung survive dalam hidupnya.

9. BANYAK TEMAN
Temannya ada di mana-mana. Tidak hanya mantan teman-teman SMA, kuliah atau kantornya. Tapi juga dari komunitas lain, yang mungkin Anda tidak pernah duga sebelumnya. Orang yang banyak teman bisa diartikan punya networking yang cukup luas. Sehingga, ditaruh di mana pun dia akan bisa hidup (dengan baik).

10. MEMELIHARA PERTEMANAN
Kadang Anda jengkel karena dia rajin menelepon atau SMS yang tidak penting ke teman-temannya. Just say hello saja bisa berkepanjangan. Mestinya, Anda tidak perlu kesal, karena ini adalah caranya untuk memelihara pertemanan. Orang boleh punya banyak teman, tapi jika dia tidak bisa memeliharanya, maka sia-sia saja.

11. MUDAH BERTEMAN
Hanya orang yang menyenangkan yang mudah berteman. Pergi ke tempat baru mana pun, dia bisa dengan mudah punya teman ngobrol. Ini menandakan dia orang yang terbuka, punya sense of humor dan berwawasan cukup luas. Orang-orang seperti ini biasanya tidak sulit beradaptasi dengan lingkungan baru, termasuk jenis pekerjaan baru. Sehingga, dia tidak perlu khawatir tidak punya pekerjaan yang baik.

12. PERCAYA DIRI
Dia tahu persis apa kelebihan dan kekurangannya, dan percaya orang lain pun begitu. Sehingga, dia tidak gentar ketika berinteraksi dengan orang lain, atau diharuskan melakukan sesuatu yang baru. Termasuk dia percaya bahwa dia bisa hidup layak hari ini atau esok lusa, bersama Anda.

13. FOKUS
Dalam melakukan apa pun, dia fokus. Perhatiannya tidak mudah terceraikan oleh hal lain. Orang yang fokus biasanya punya tanggung jawab yang baik. Ini berhubungan dengan bagaimana dia berusaha mencapai cita-citanya, menyelesaikan pekerjaannya, dan serius membangun hidup bersama Anda.

14. OPTIMIS
Hampir tidak pernah Anda mendengar, “Ah, susah”, Enggak bisa”, “Mustahil aku bisa melakukannya”, “Malas ah”, dan yang sejenisnya. Lelaki pesimis akan sulit survive dalam hidupnya. Keoptimisan bisa membuat seseorang mampu melakukan sesuatu yang secara hitungan di atas kertas sulit.

15. SEHAT
Lelaki penyakitan akan lebih banyak menghabiskan waktunya dengan tidak melakukan apa-apa.. Belum lagi ongkos dokter dan rumah sakit yang makin tidak masuk akal mahalnya. Uang Anda berdua bakal habis di sini. Selain itu, orang yang sehat akan bisa berpikir dengan lebih sehat.

Jangan pernah terjebak pada penampilan luar dan mulutnya yang bilang, “Hidupmu terjamin sampai kapan pun, Sayang.” Karena, yang terpenting kamu merasa nyaman hidup dengannya, dia bisa membuat hidup kamu berarti, dan kamu bisa tertawa bersamanya.
< >

8 tipe wanita idaman pria...!!!

Reaksi:
Delapan cewek idaman cowok, keren juga judulnya (hehehe..). Bukannya saya menjadi pria yang paling mengerti cewek, atau pria yang tahu seluk beluk cewek. Tapi menurut penelitian Dewi Amor ternyata, sebagian besar cowok atau pria atau lelaki kurang lebih memilih cewek/perempuan/wanita dari delapan tipe dibawah.

1. Cewek Power
Keadilan gender benar-benar diterapin oleh cewek satu ini. Nggak hanya omong kosong di bibir menuntut keadilan antara cowok dan cewek. Mereka juga mau turun tangan angkat-angkat barang berat, tanpa berkata, “Itu kan tugas cowok.” Mereka juga pasti bakal patungan membayar pengeluaran kencan. Nggak perlu menjebol kocek cowok deh kalau keluar bareng cewek ini.

2. Cewek Independen
Wah, salut deh sama cewek yang satu ini. Abis, mereka nggak hanya memperlakukan cowoknya bagai supir sih. Namanya juga mengusung semangat mandiri, apa pun bisa mereka lakukan sendiri. Nggak ada lagi rengekan manja yang bisa membuat hidup para cowok lebih “nyaman.” Cewek tipe ini juga bakal membiarkan cowoknya memiliki dunia sendiri, tanpa mengekang si cowok.

3. Cewek Sahabat
Kalau ingin memikat hati seorang cowok, terlebih dahulu jadilah sahabat baginya. Yap, cewek yang bisa mengerti semua hobinya dan melakukan hal sama dengannya. Dengan cewek inilah, seorang cowok bisa menumpahkan semua masalahnya tanpa ditutup-tutupi. Tanpa disadari, si cowok sudah jatuh cinta.

4. Cewek Inner Beauty
Meski nggak memiliki kecantikan layaknya cewek model, cewek ini gampang sekali membuat cowok jatuh cinta kepadanya. Inner beauty-nya terlihat jelas dan menyilaukan sih. Kualitas cewek ini terletak pada kepribadiannya yang menakjubkan. Nggak hanya baik, tapi cewek ini juga ramah, bijaksana, dan menyenangkan diajak berbicara.

5. Cewek Model
Nggak bisa dimungkiri, yang namanya cowok pasti bakalan menoleh diiringi decak kagum saban melihat cewek yang memiliki wajah cantik plus bodi seksi melintas di depan hidungnya. Yap, smart emang never enough. Bagi cowok, berkencan dengan cewek yang bergaya bak model bakal menaikkan gengsi mereka di antara sesamanya. Tapi, cewek tipe ini kadang hanya jadi piala bergilir kalau nggak diimbangi kualitas diri lainnya.

6. Cewek Kalem
Pembawaannya lemah lembut. Tutur katanya teratur. Persis putri keraton. Penampilan yang feminin abis bisa bikin banyak cowok kesambit oleh pesona yang terpancar dari cewek satu ini. Nggak heran! Sebab, sudah jadi keharusan alami, seorang cowok untuk selalu berusaha melindungi cewek dari apa pun. Cewek macam inilah yang paling cocok untuk memuaskan hasrat sok pahlawan seorang cowok. Habis, mereka terlihat rapuh sih.

7. Cewek Positif
Selalu berpikiran positif, itu ciri khas cewek ini. Dia nggak gampang memupuk pikiran buruk kepada orang lain. Puas dengan keadaannya sendiri membuat perasaan rumput tetangga lebih hijau nggak bakal muncul. Percaya dirinya tinggi sehingga nggak bakal diliputi cemburu berlebihan. Cewek ini juga bakal memilih berterus terang daripada membuat seorang cowok menebak-nebak yang malah menimbulkan perang dunia kedua. Bersama cewek ini, damai terasa sepanjang hari.

8. Cewek Smart
Nggak ada cowok yang demen sama cewek blo’on, kecuali mereka punya wajah dan tubuh dengan nilai sembilan. Lagian, cowok bakalan lebih betah bersama dengan si smart daripada bersama cewek cantik plus seksi, tapi saban dia diajak ngomong selalu nggak ngeh. Si seksi bakal memuaskan mata only, tapi si smart pasti bakal memuaskan hati.
< >

6 Tanda Cowok pencemburu....!!!!

Reaksi:
Setiap pasangan, pada suatu titik pasti pernah harus menghadapi kondisi cemburu. Cemburu bisa berupa iri karena masalah adanya pihak ketiga, bisa pula karena masalah uang dan kesempatan keluar. Yang namanya cemburu, bagaimana pun, bisa menciptakan goncangan dalam banyak hubungan, menimbulkan kehilangan rasa percaya dan sakit hati.

Banyak perempuan, mengharap bahwa lelakinya akan sedikit cemburu sesekali demi membuatnya merasa diingini. Namun, beberapa perempuan kurang beruntung karena mendapati pasangannya ternyata memiliki masalah kecemburuan yang sangat tinggi. Jadi, bagaimana caranya membedakan seorang pria yang tahu kapan batasan cemburu wajar dan cemburu paranoid? Ini tanda-tandanya:

1. Membuntuti
Memang adalah hal yang wajar jika pasangan mengetahui kemana kekasihnya pergi dan kapan mereka akan tiba di rumah. Anda selalu ingin tahu ke mana mereka pergi dan apa yang mereka lakukan saat tidak sedang bersama Anda. Namun, jika dalam sehari, lelaki Anda bisa menelepon 15 kali sehari, menanyakan ke mana Anda pergi, dengan siapa, dan sedang apa, wah, itu pertanda kurang baik. Pria dengan masalah kecemburuan yang di luar kendali umumnya akan selalu ingin tahu Anda sedang berada di mana secara persis, setiap waktu, setiap saat. Ditambah lagi, mereka ingin tahu Anda pergi dengan siapa dan apa saja yang Anda bicarakan bersama mereka. Sikap kendali berlebihan semacam ini bisa membuat Anda merasa takut untuk bepergian dan merasa di bawah monitornya setiap waktu.

2. Ia tak pernah salah
Pria yang bermasalah dengan rasa cemburu memiliki kepribadian agresif dan bermasalah dengan mengakui kesalahannya. 'Seseorang yang pencemburu memberi impresi sebagai orang yang percaya diri berlebihan,' jelas Paul A. Huck, psikolog klinis dan penulis Overcoming Jealousy and Possessiveness, namun sebenarnya hal itu berakar dari kerendahan kepercayaan diri dan sangat insecure.

3. Anda tak boleh punya teman
Pria yang sangat pencemburu ingin mengkontrol Anda, tak hanya ke mana Anda pergi, tetapi juga kapan, dan kepada siapa Anda boleh berbicara. Mereka merasa perlu mendikte dengan siapa Anda bisa bertemu. Teman atau kerabat yang tak ia sukai, dengan segera akan tercoreng dari daftar orang yang boleh Anda ajak bicara. Apalagi teman-teman pria Anda. Ia tak tahan membayangkan bahwa Anda berbicara dengan pria lain. Ini dinamakan 'kecemburuan berprasangka', yang tidak berdasarkan pada tindakan yang belum tentu Anda telah lakukan, dan hanya berdasarkan imajinasinya. Ini adalah siklus berulang, dan jika si wanita tidak waspada, di penghujung hari, ia baru tersadar, bahwa ia tak punya banyak teman, dan bahkan mungkin diperintah untuk tidak menemui kerabat yang tak ia sukai.

4. Marah karena tidak diajak
Pria dengan masalah kecemburuan yang parah ingin diajak ke mana pun dan kapan pun. Ini adalah salah satu alasan mengapa ia akan mencecar si perempuan mengenai hari yang telah si perempuan lalui. Karenanya, saat seorang perempuan membuat perencanaan yang tidak mengikutsertakan si pria, maka si pria akan marah karena merasa tersakiti. Ini kembali lagi ke masalah tingkat insekuritas si pria.

5. Jadi kasar
Kekerasan cenderung bersamaan datang dalam diri seorang pria pencemburu. Karena mereka belum belajar bagaimana mengkontrol kecemburuan mereka. Rasa frustasi yang mereka rasakan membuat mereka sering marah-marah. 'Kebanyakan orang yang cemburu mengutarakan kekesalan mereka dengan sangat kencang dan jelas. Mereka bisa berteriak kepada pasangannya, memukul, bahkan mendorong tanpa rasa malu. Pria bisa membanting barang, memukul dinding, dan banyak lainnya,' jelas Hauck. Jika pasangan Anda memiliki kecenderungan untuk memukul dan merusak barang di sekitaran saat ia cemburu, hm, sebaiknya pikirkan lagi hubungan Anda.

6. Berhadapan dengan sikap pencemburunya yang antik
'Kecemburuan pada dasarnya adalah sifat yang merusak hubungan, jadi amat penting untuk mencegahnya sebelum terjadi di luar kendali,' saran dr Gabrielle Morrissey, konselor dan pakar seks. Bicarakan pada pasangan Anda dan biarkan ia mengetahui bahwa Anda kurang setuju dengan caranya mengkontrol hidup Anda. Katakan apa yang Anda rasa dan pastikan ia mengerti bahwa Anda mencintainya, tetapi masalah cemburu ini menyebabkan masalah di antara Anda.

Namun ingat, jika Anda ingin pasangan Anda percaya, jangan sembunyikan apa pun. Anda harusnya seperti buku yang terbuka. Hormati pasangan Anda dengan cukup untuk membuatnya tahu ke mana, kapan, dan apa yang Anda lakukan saat pergi.

Langkah penting lainnya adalah untuk tidak pasrah pada permintaannya yang tidak masuk akal. Saat Anda selalu menjawab pertanyaannya setiap kali ia menelepon untuk melaporkan keberadaan Anda, mereka makin 'diperkuat'. Jika ia menelepon Anda 10 kali dalam sehari untuk mengecek keberadaan Anda, jawab sekali, beri jawaban yang tegas dan lugas, lalu matikan. Tahu kapan Anda harus berkata tidak. Menjadi orang yang pasrah dan mencoba memuaskan dirinya hanya akan mendorongnya bertingkah seperti itu terus.

Pria yang pencemburu akan merasa bahwa Anda mengabaikan dirinya. Siapkan waktu khusus secara pribadi dengannya agar bisa terhubung sebagai pasangan. Bicarakan hal ini di tempat pribadi dan sepi. Namun, bila ia masih bertingkah tidak rasional, keluarlah dari hubungan tersebut selagi sempat ketimbang menyesal karena hidup Anda merana, tersakiti, dan tak punya teman.
< >