Dinamika dan Seluk - beluk Jatuh Cinta

Reaksi:
Awalnya kutak mengerti apa yang sedang kurasakan, segalanya berubah dan rasa itu pun ada. Sejak kau hadir disetiap malam ditidurku, aku tahu sesuatu sedang terjadi padaku. Benar sekali, cinta bisa membuat hidup menjadi indah, berwarna serta bergairah. Tapi, satu hal yang mesti saya ingatkan, jatuh cinta sebenarnya adalah sesuatu yang wajar dan alamiah. Memang jatuh cinta adalah sesuatu yang natural, alami, dan dialami semua orang tanpa memandang bulu. Serta kalau perasaan itu datang, sering kita tidak sanggup menahannya. Bahkan masa muda tanpa cinta seperti steak tanpa pisau.

CATATAN : 
  • Namun demikian, cinta tidak boleh membuat kamu terlena lalu membabi buta. Cinta harus tetap dikendalikan dan dikontrol, sebab kalu tidak cinta bisa berbahaya.   
Josh Mc.Dowell menyebutkan " You can exercise gift-love in two ways. Human-powered gift-love is generous and centered on others. But it always has strings attached to it. It loves those you find lovable and deserving-or whose needs tug hardest on your heart".

Cinta sebagai sesuatu yang diharapkan semua orang, tanpa cinta manusia tidaklah sempurna. Jadi, Cinta adalah Suatu perasaan didalam hati seseorang, sehingga berdampak ingin dekat dan ingin membahagiakan bahkan cenderung ingin memiliki orang yang dicintainya.

    Dari manakan asal jatuh cinta itu?

    1. Jatuh Cinta Bisa Karena Tuhan Menghendaki
    Jika kita jatuh cinta karena Tuhan yang menghendaki, itulah yang paling ideal. Karena cinta mereka berserah kepada Tuhan dan bukan dengan kehendakkan sendiri. Setiap ada permasalahan baik itu suka dan duka mereka selalu mendekat kepada Tuhan. Agar Tuhan memberikan yang terbaik.

    2. Jatuh Cinta Bisa Karena Kita
    Ada pepatah mengatakan dari mata turun kehati. Faktor ini karena pilihan kita sendiri karena terlena pesona dari lawan jenis atau seringnya bertemu makanya ahkirnya jatuh cinta.

    3. Jatuh Cinta Dari Setan
    Kalau jatuh cinta bisa datang dari Tuhan, maka saya yakin bahwa jatuh cinta bisa juga datang dari setan. Mengapa demikian, karena setan senang kalau anak muda jatuh dalam dosa. Dalam hal ini jatuh cinta yang berasal dari setan akan membuat hidup atau masa pacaran akan lebih sulit dan berbahaya. Contohnya : perselingkuhan, free seks semasa pacaran, dan hal buruk lainnya. Untuk itu, berhati-hatilah dan waspada ketika kamu jatuh cinta.

    Jenis - Jenis Jatuh Cinta
    Kamu harus tahu bahwa dilihat dari cara serta penyebabnya, ada beragam jenis jatuh cinta. Dari uraian ini kita bisa menganalisa termasuk jenis apa cinta kita.

    1. Cinta kagum
    Cinta ini timbul karena kekaguman seseorang pada lawan jenisnya. Kekaguman itu bisa bersumber dari berbagai sumber. Mungkin dia pemain basket atau futsal, jago main gitarnya, ketua perkumpulan di organisasi, sekretaris diperusahaan, bahkan karena kecantikkannya atau kegantengannya dan gagahnya. Mungkin juga karena kepandaiannya dan ide-idenya yang brilian atau bisa jadi karena kekayaannya. Pokoknya cinta jenis ini muncul karena ada sesuatu dari seseorang yang membuat kita terkagum-kagum. Dengan kata lain, cinta ini muncul karena adanya perasaan terpesona dengan orang yang penuh karisma. 

    Tapi ingat, bahwa hal ini bisa berbahaya. Mengapa? Karena kagum itu tidak harus diahkiri dengan cinta. Kagum itu normal, karena kita bisa kagum pada beberapa orang. Mulai dari teman, aktor, artis, atlet,  penyanyi, bahkan guru atau dosen.

    2. Cinta Tertolong
    Jenis cinta yang ini cukup unik, sebab biasanya timbul karena seseorang pernah ditolong oleh orang lain. Mungkin artis yang merasa tertolong karena diorbitkan oleh sutradara atau produser terkenal. Dari pengalaman dramatis inilah ahkirnya benih cinta mulai timbul. Perlu di tegaskan bahwa karena pertolongan tersebut, bukan berarti kamu harus mencintainya.

    3. Cinta Butuh
    Yang dimkasud cinta butuh adalah cinta yang timbul karena seseorang merasa membutuhkan orang lain. Merasa dekat dengan dia, merasa aman, dan benar-benar membutuhkannya. Seperti kita tidak pernah mendapatkan kasih sayang dari orang tua, rasanya dekat dia kita merasa seperti mendapat kasih sayang dari orangtua karena sifat kedewasaannya. Jadi, cinta jenis ini biasanya sangat bersyarat karena cinta ini diukur dengan : " apakah saya masih membutuhkan kamu atau tidak ?" Cinta butuh ini sering kali terjebak dengan orang-orang yang ada di perantauan dan jauh dari keluarga.

    4. Cinta Terhibur
    Cinta jenis ini timbul karena adanya sesosok yang bisa menghibur hati. Ini bisa berbahaya, jangan sampai orang yang bisa menghibur kita harus kita cintai. Biasanya orang yang habis putus cinta atau sedang dalam keadaan frustrasi sering melakukan kompensasi dengan cinta ini.

    5. Cinta Kasihan
    Cinta ini timbul karena dorongan perasaan kasihan pada orang lain. Sumber rasa kasihan ini bisa karena keadaan ekonomi, pendidikkan, mantan pemakai, dan  masa lalu yang telah terjadi. Ini merupakan salah satu bentuk cinta yang berbahaya, karena cinta tidak boleh didasari oleh perasaan kasihan. Cinta harus didasari pada Kasih. Cinta seperti itulah yang akan bertahan.

    6.Cinta Cocok
    Cinta ini timbul karena kita merasa banyak persamaan dengan dia. Kesamaan itu bisa berupa hobi, makanan kesukaan, buku bacaan, film, olahraga, bahkan selebritis idola. Biasanya kecocokkan dalam banyak hal menimbulkan rasa nyaman dan aman pada awalnya. Tetapi lama-kelamaan, kalau tidak diantisipasi hal ini jusrtu akan menjadi pemicu munculnya kebosanan.

    7. Cinta Sejati
    Inilah jenis cinta mulia dan paling berharga. Cinta ini timbul ketika kedua pasangan ini mengerti akan kehendak Allah dan kemudian saling menyatukan hati. Karena cinta ini paling tinggi derajatnya karena hubungan timbal balik yang seimbang dalam cinta ini serta telah teruji dengan berlalunya waktu.

    CATATAN : Jadi, cinta sejati tidak pernah terjadi secara " instant " tetapi melalui proses panjang  yang membutuhkan banyak pengertian dan usaha. Dan selalu berupaya untuk memberikan kebaikkan bagi pasangannya. Dan dia juga tidak memiliki sikap egois dan tidak akan mencari kesenangan dirinya sendiri. Bersyukurlah mereka-mereka yang menemukan cinta pada level ini.

    Penyebab Orang Jatuh Cinta
    Inilah penjelasan kenapa seseorang itu bisa jatuh cinta :
    a. Nature
    Yang dimaksud nature adalah sebuah kenyataan alamiah bahwa setelah seseorang melalui masa puber dengan melalui terpengaruh hormonal, maka wanita atau pria dapat tertarik. jadi, setelah melewati masa puber, maka secarah alamiah mulai terdorong untuk jatuh cinta pada lawan jenis.

    b. Togetherness
    Kebersamaan / sering bersama-sama dapat menimbulkan perasaan saling mengerti, saling membutuhkan dan ahkirnya menimbulkan cinta. Artinya, karena sering melakukan kegiatan bersama baik di sekolah ataupun dipekerjaan bisa berakibat tumbuhnya cinta dihati. Tetapi, bisa juga melalui komunikasi lewat surat, sms, chating, dll bisa menimbulkan jatuh cinta.
    c. Mindset
    Mindset adalah kalau pikiran kita dipenuhi dengan bayangan dan sosok seseorang, maka lama-kelamaan kita bisa jatuh cinta kepada orang tersebut. Pikiran kita bisa tersugeti dan ahkirnya terobsesi dengan sosok yang selalu membayangi pikiran kita.

    d. Opinion
    Opinion adalah pandangan umum yang kemudian bisa mempengharui pandangan. Contohnya, ingin punya pacar setelah berumur 18 tahun, pandangan ini tanpa disadari bisa mempercepat seseorang jatuh cinta.

     Bagaimana Menghadapi Jatuh Cinta?
    Sering orang akan lupa diri dan sukar diatur saat sedang jatuh cinta. Ia bisa menjadi sangat terobsesi dan menjadi egois. Kecendrungan seperti ini harus dihindari kalau menjalin jatuh cinta secara dewasa dan bertanggung jawab.Berikut ini ada beberapa saran agar pengalaman jatuh cinta kalian tidak membuat menjadi sesosok kekanak-kanakkan dan egois.

    a. Cinta Harus Dikendalikan  dan Diarahkan
    Jatuh cinta tidak boleh membabi buta, kita harus berani memberi cinta sejati kita kepada satu orang dalam suatu tertentu. Cinta tidak boleh diumbar seperti barang obralan. Untuk itu, kita harus mengekang lidah dalam mengucapkan cinta. Jangan sembarangan mengatakan cinta hanya karena ada rasa suka kepada seseorang, sebab rasa suka tidak diindentik dengan rasa cinta! Serta tidak semua perasaan cinta harus dilanjutkan dengan pacaran. Sebelum kita jatuh cinta sebaiknya kita harus introspeksi dulu, karena kalau cinta sejati itu harus diuji dengan doa, perenungan, dan perjalanan waktu.

    b. Cinta Harus Disesuaikan
    Agar cinta bisa tumbuh kearah yang positif, maka dibutuhkan belajar untuk mengisi hari-hari dengan komunikasi dan penyesuaian yang akan menimbulkan rasa saling mengerti dan memahami satu sama lain. Agar dapat menentukan cocok sebagai teman, sahabat, atau pacar. Karena latar belakang yang berbeda penting untuk melakukan pengertian dan penyesuaian. Tanpa ada pengertian dan penyesuaian maka cinta ini akan bisa putus ditengah jalan. Jadi, ingat cinta adalah perjalanan kehidupan. Oleh sebab itu cinta membutuhkan komunikasi agar melaju dengan mulus.

    c. Cinta harus Selalu Dijaga
    Kalian pasti ingin cinta itu sehat, murni, dan positif pada saat pacaran?

    Jagalah 3 hal ini selalu :
      • dari ke-egois-an
      • dari keinginan untuk menguasai
      • dari hawa nafsu
    Jangan sampai dalam masa pacaran, cinta dan seks menyatu. karena cinta sejati penuh dengan kasih, pengertian, dan bertanggungjawab. Kalau cinta didasari dengan nafsu itu bukan cinta melainkan ingin menghancurkan. Kalau cinta bisa dijaga dari 3 hal yang diatas, maka bisa dijamin kemurnian cinta kamu akan selalu bertahan.

    Bahaya Jatuh Cinta
    Selain menghanyutkan dan membuat bahagia, cinta ternyata bisa juga berbahaya. Berikut ini beberapa bahaya yang bisa ditumbulkan :
    a. Cinta Bisa Mengubah Kehidupan Seseorang
    Cinta bisa mengubah seseorang menjadi malas, sering melamun, tidak konsentrasi. Kalau jatuh cinta disertai dengan perasaan posesif yang berlebihan bisa mengakibatkan lumpuh dan membuat hidup menjadi  tidak nyaman. Jadi, cinta bisa membuat seseorang yang tadinya tegas dan berprinsip menjadi seorang yang penurut, hanya karena ingin menyenangkan pasangannya.

    b. Cinta Bisa Melakukan Perbuatan Nekad
    Ketika seseorang jatuh cinta bisa melakukan perbuatan nekad untuk melakukan hal-hal yang tidak masuk akal dan konyol. Seseorang tidak takut atau tidak berpikiran panjang untuk melakukan suatu tindakkan. Misalnya, mengendarai mobil atau motor dengan ngebut agar terlihat gagah dan hebat dimata orang yang dicintainya. Dan juga bisa terjadi melakukan pacaran dengan istilah " backstreet " dengan kata lain melarikan diri dari rumah, bolos sekolah, dan melawan orang tua. Sebaliknya juga disaat cinta ditolak, bisa juga melakukan hal yang nekad seperti main dukun, main santet, main pelet, dan bahkan bunuh diri karena frustrasi. Pokoknya kalau tidak dikendalikan, cinta bisa melakukan berbagai hal yang tidak masuk akal. Untuk itu, kendalikan secara normal dan tidak perlu disesali.

    c. Cinta Bisa Menghalalkan Segala Cara
    Orang yang sedang jatuh cinta seringkali tidak segan-segan melakukan berbagai macam cara, dari hal yang bersih sampai ke hal yang kotor akan di halalkan asal bisa mendapatkan cintanya. Ingat ! kalau kamu sudah pada dilevel ini, cinta bisa menjadi daya perusak yang luar biasa. Kemurnian cinta dan ketulusan akan hilang yang ahkirnya hanya ada nafsu ingin memiliki dan mengendalikan orang tersebut.

    d. Cinta Bisa Tidak Mengenal Batas Waktu
    Hidup ada batasnya, baik itu berupa moral, etika, norma agama, dan budaya. Biasanya orang yang sedang di landa mbuk asmara seringkali lupa dan tidak digubriskan akan batasan-batasan ini. Menyebabkan menjadi malas, memakai fasilitas telepon kantor menerus, dan bahkan melakukan hubungan seks sebelum nikah hanya untuk mengungkapkan sebagai ekspresi cinta. Karena itu sering ada istilah : sepasang kekasih yang sedang dilanda asmara akan bertingkah seolah-olah dunia ini hanya milik berdua.

    e. Cinta Bisa Dimasukin Setan
    Inilah yang harus diwaspadai ! Kalau setan sudah mulai memasukin, cinta bisa bercampur dengan nafsu birahi. Kesucian dan kesakralan cinta bisa rusak dan tidak mengalami kemajuan yang ahkirnya mengakibatkan hal yang sangat fatal. Oleh sebab itu, waspadailah pencampuran setan dengan masalah asmaramu.

    CATATAN : Jangan pernah berikan kesempatan....., yang ahkirnya bisa membawa pada penyesalan seumur hidup !

    Bagaimana Jatuh Cinta Yang Benar
    Agar pengalaman jatuh cinta tidak menimbulkan dampak negatif dalam diri kita dan menjadi energi yang menjadikan hidup kita lebih produktif, positif, dan berkenan di hadapan Allah. Berikut ini ada yang harus diperhatikan :

    a. Berdoa Kepada Tuhan
    Artinya tidak perlu terlalu terburu-buru untuk mencintai seseorang. Minta petunjuk kepada Tuhan agar dapat memberikan yang terbaik, karena cinta bukan karena desakkan orang tua atau iri lihat teman yang sudah punya pacar. Ini penting sekali diperhatikan, kalau orang yang kita cintai itu sosok yang tepat untuk kita maka pengalaman jatuh cinta kita akan berdampak pada positif. Dengan pasangan yang tepat akan menjadi pengalaman cinta yang membawa kita terbang ketempat yang tidak pernah kita duga sebelumnya. Karena cinta harus timbul secara alamiah dan tanpa rekayasa. Disinilah seni cinta sejati itu, sebab muncul secara spontan dan bukan direkayasa, perhitungan, emosional, tetapi rasional !
    CATATAN : Cinta punya kekuatan untuk mengubah hal-hal yang tidak mungkin menjadi mungkin. Hanya dengan satu syarat : Temukan orang yang tepat !

    b. Komunikasi Dengan Tuhan Setiap Perasaan Jatuh Cinta Muncul
    Saat jatuh cinta muncul sebaiknya kita mulai berdoa dan kita harus melibatkan Tuhan dalam setiap sendi kehidupan. Bahkan bagi orang yang percaya, hal ini wajib dilakukan kalau mau sukses dan berkenan kepada Tuhan. Jangan sampai terjadi karena tidak pernah konsultasi kepada Tuhan yang ahkirnya membawa pada penyesalan dan kecewaan dikemudian hari. Untuk itu, komunikasikanlah perasaan kita kepada Tuhan dalam rangka mencari peneguhan akan hidup kita.

    TIPS : Semakin kita sering berkomunikasi dengan Tuhan, maka semakin kita akan peka akan kehendakNya.

    c. Memegang Prinsip
    Cinta tidak pernah buta dan cinta harus selalu waspada! Oleh sebab itu bagi mereka yang sedang jatuh cinta  ini mutlak yang harus diperhatikan. Taatilah semua rambu-rambu yang sedang dilanda asmara, agar hidupnya tetap selaras dengan kehendakNya. Kita bisa saja menyukai atau mengagumi seseorang tetapi seharusnya kita mempunyai prinsip bahwa mencintai satu orang saja pada waktu tertentu. Dengan prinsip ini, seseorang tidak mudah mengobralkan cinta kepada siapa saja yang dia sukain atau dia kagumi. Dan ahkirnya akan menimbulkan kepekaan untuk membedakan antara suka dan cinta.

    d. Cinta Dapat Dikendalikan
    Cinta sejati dapat dikendalikan sebab cinta sejati itu selalu memberikan dan mengupayakan yang terbaik buat pasangan yang dicintainya. Kalau tidak bisa dikendalikan itu bukan cinta, melainkan nafsu birahi. Sering kali nafsu birahi itu menyamar mirip cinta sejati, tetapi sebenarnya hakekatnya berbeda.
    CATATAN : Cinta sejati mengupayakan kebaikkan bagi yang dicintainya, sementara nafsu birahi hanya mencari kesenangan pribadi.
    < >

    Tahap - Tahap Hubungan

    Reaksi:
    Dalam hidup ini tanpa kita sadari apa itu cinta! Hanya dengan lima huruf ini kita tidak mengerti apa saja problema-problema, definsi-definsi, dan permasalahannya. Banyak di antara kita bercerita tentang cinta dan banyak diantara kita jatuh cinta, tapi kita tidak tahu apa itu CINTA. Jatuh cinta itu adalah alami serta masa pacaran itu masa yang indah dan kadang kenyataannya tidak seindah dengan harapan. Sering muncul salah paham, cemburu, konflik, dan putus di tengah jalan. Belum lagi terjadinya kekerasan indikasi dan tekan unsur seks telah masuk jauh kedalamnya. Pengalaman kegagalan dalam cinta bisa menimbulkan kekecewaan, Jarang meminta pendapat kepada orang tua dan yang lebih mengerti akan permasalahan yang sedang kita hadapi. Saya akan menjelaskan secara khusus dalam berbagai hal tentang cinta berdasarkan religius. Bagaimana kita mencari pasang hidup, berpacaran sehat, dan apakah kita sudah siap suka dan duka semasa pacaran, apa itu bahaya free seks sewaktu berpacaran, bahkan sampai persiapan pernikahan saya akan menjelaskan hal itu secara menarik. Aku berharap ini bisa membantu remaja - remaja dan orang muda agar kita tidak perlu belajar dari kegagalan atau pun pernah mengalaminya bisa memperbaiki agar tidak mengalami hal yang sama. Serta bagi orang tua yang tentunya peduli pada anaknya bisa menjadi tuntunan agar dapat membimbing mereka masuk masa pacaran dan ikut mengerti ketika ada masalah. Siapapun kita yang perduli dengan kehidupan remaja dan orang muda, ini sangat memudahkan kita untuk membimbing mereka dalam dampak positif , kreatif, dan konstruktif.

    1. All You Need Is Love.
    Cinta itu menjadi dasar kebutuhan manusia, ketika seseorang tidak memiliki perasaan cinta dan mencintai otomatis hidupnya tidak akan normal pasti ada yang kurang dari orang tersebut. Hal ini bisa menyangkut ke hal yang menyimpang, sifat agresif, prilaku yang kriminal, egois dan extreme. Sifat yang memiliki perasaan tidak dicintai akan merusak harga diri, kebanggaan, ide dan ahkirnya menjadi brutal. Sebagai anak muda kita tidak bisa melihat teman yang berasal dari broken home yang tidak mendapat cinta kasih dan perhatian dari orang tuanya pada ahkirnya jatuh dalam pergaulan bebas serta hal buruk lainnya. Ini bisa disebut dengan "feeling less loved " dan akan mengakibatkan kita akan kehilangan kemanusiaan yang hakiki sebagai mahluk yang bermoral dan penuh kasih. Makanya tepat sekali John Lennon personil dari the beatles band legendaris tahun 60 an menulis lagu dengan judul " ALL YOU NEED IS lOVE " semua yang kita butuhkan adalah cinta. Tanpa cinta manusia akan kehilangan segalanya dan tidak memliki sensitiftasnya. Kebutuhan dasar manusia akan cinta tidak bisa di tawar - tawar lagi. Kebutuhan ini bersifat mutlak dan energi artinya tidak bisa di tunda dan harus diberi saat ini. Jadi yang di perlukan manusia harus memiliki perasaan dicintai dan mengasihi.

    2. Cinta itu Universal
    Apa yang dimaksud dengan Universal, artinya di sembarang tempat atau belahan bumi ini. Kita bisa menyatu dengan dengan orang lain. Apa pun warna kulitnya, bahasanya, agamanya, umur, dsbnya. Tidak akan bisa lepas dari yang namanya cinta. Bukan sebagi anak muda kita sudah mengetahui yang berbau cinta baik itu dari film, artikel, buku- buku, dan sampai lagu - lagu romantis paling muda di cari saat ini. Kenapa bisa demikian, karena virus cinta sudah universal sehingga mereka tertarik pada suatu yang bersuasana cinta. Kemudian universal cinta itu kelihatan dari bentuk cerita klasik yang menebarkan hati dari belahan dunia. Kisah cinta romantis yang terkenal dan sampai cinta tragis. Kisah - kisah cinta ini sudah banyak ditabur dan di persembahkan dalam berbagai bentuk. Tersebarnya beragam kisah cinta dibelahan dunia ini menunjukkan bahwa cinta itu universal, bukan milik seseorang saja tapi ini milik semua orang.

    3. Cinta itu Membangun
    Sebagai mahluk yang bermoral dan hakiki ada yang harus kita garis bawahi. Bahwa cinta sejati itu selalu bersifat membangun. Cinta pada dasarnya adalah semacam energi bahkan energi yang sangat kuat. Orang yang tersentuh oleh cinta seringkali mampu melakukan hal - hal yang menakjubkan dan sulit di artikan. Konon, bangunan Taj mahal yang terdapat di India itu merupakan kuburan permaisuri raja, karena kecintaannya pada yang sang permaisuri, sang Raja membangun sebuah istana yang megah untuk membuktikan bahwa cintanya sekalipun orang yang dicintainya sudah mati. Dalam penjelasan ini saya mengambil efek positif, bahwa cinta membuat orang-orang yang terlibat didalamnya menjadi lebih kreatif, positif, dan konstruktif. Kalau tidak disaluarkan pada hal-hal itu, maka energi cinta itu bisa bersifat destruktif (merusak) dan posesif. Bagi anak muda kadang tahu tentang cinta dari entertainment, sinetron, film, novel, dan lewat cerita- cerita dari teman. Banyak diantara kita belajar tentang cinta dan pacaran hanya dari majalah remaja, ramalan zodiak, browsing internet, dan juga dari teman yang belum pengalaman. Dan yang paling menyakitkan pelajaran dari kegagalan dan kepahitan cinta. Untuk itu kita harus menanamkan prinsip yang sesuai dengan apa yang kita dapatkan.

    Bagi kamu yang pernah gagal akan cinta, pelajari lagi dari semua pengalaman yang pernah kamu pelajari. Agar kesalahan tidak terulangi lagi kamu harus benar-benar mengerti telah kamu dapat dari awal sampai ahkir dan renungkanlah semua itu dari pengalaman. Serta isilah masa mudamu dengan kerasi yang positif dan cinta yang berkenan dihadapan Allah.

    * Tahap - Tahap Dalam Berhubugan

    Kodrat manusia adalah mahluk sosial. Artinya manusia selalu membutuhkan relasi dan hubungan dengan sesama. Mustahil bagi sesorang manusia untuk hidup " normal " kalau diatidak pernah berinteraksi dengan sesamanya. Yang harus disadari adalah bahwa kadar keintiman berhubungan itu terdiri dari beberapa tahap. Dari yang paling awal adalah tahap perkenalan sampai hal dalam sebuah pernikahan.

    1. Tahap Perkenalan
    Tahap ini merupakan yang paling minim tingkat keakrabannya. Tahap ini terjadi mulai saling mengetahui satu dengan lainnya. Biasanya di tahap ini yang di ketahui sangatlah umum seperti nama, alamat, nomor telepon, dan pekerjaan. Tahap ini belum melibatkan emosi sama sekali. Karena masih dalam saling kenal dan saling cari informasi. Tapi, tahap ini sangatlah  karena merupakan pintu gerbang menuju tahap selanjutnya.

    2. Tahap Pertemanan
    Pribadi yang telah saling kenal, mulai menjalin komunikasi dengan lebih dekat lagi. Kontak telpon, sms, maupun pertemuan terjadi dengan segala cara. Disaat ini timbul " sense of belonging " (rasa saling memiliki) serta mempunya rasa solidaritas dan rasa senasib sepenanggungan mulai kelihatan. Walaupun milik masih sebagai milik masing-masing pribadi, namun keingginan untuk berbagi juga sudah mulai muncul dengan di sertai emosi.

    3. Tahap Persahabatan
    Merasa sudah cocok sehingga terjadi hubungan yang lebih akrab lagi. Ikatan emosi menjadi lebih dekat, keakraban dan keintiman menjadi pacuan dalam tahap ini. Dengan ditandai prilaku yang saling dukung, saling mempengaruhi, dan saling membutuhkan menjadi kunci curhat yang di lakukan.

    4. Tahap Kepercayaan
    Seseorang mulai melibatkan sahabatnya dalam bagian-bagian penting dalam kehidupannya. Seperti mengambil keputusan, atau ketika saling menghadapi masalah. Karena mereka saling bergantung satu sama lain maka curhat menjadi semakin sering.

    5. Tahap Perhatian
    Dua pribadi yang berlainan jenis mulai merasakan ada perasaan yang berbeda. Kalau tadinya pergaulan antar teman perhatian diberikan, sekarang kepada seseorang yang menarik perhatiannya. Apa yang menjadi kesukaan sidia menjadi kesukaannya juga.

    6. Tahap Menyukai
    Lebih lanjut dari tahap perhatian, seseorang mulai menyukai dan ingin memiliki sahabat yang jenis kelamin berbeda. Sehingga mulai memperhatikan lebih dalam dan tumbuhnya rasa ingin memiliki pribadi yang disukain. Gejala ini umum berada di dekat orang yang disukainnya dan menimbulkan perasaan kikuk dan nervous yaitu perasaan gelisah, selalu memikirkan dia, dan rasa ingin selalu dekat dengan sosok probadi yang dia sukain.

    7. Tahap Pendekatan
    Ketika rasa perhatian dan menyukai semakin kuat dorongannya, dimulailah sebuah pendekatan. Dengan dimulainya seseorang memberikan pengharapan yang berlebihan agar bisa terus berdekatan dengan pujaan hati. Mulai dari tawaran untuk nonton bareng, makan, dan sampai mengantarkan pulang dan pergi. Tahap ini biasanya di ramaikan dengan perantara ( mak comblang) atau para pendukung yang membuat proses pendekatan menjadi lebih asyik.

    8. Tahap Pacaran
    Setelah sukses melewati masa pendekatan dan mendapat lampu hijau, maka babak selanjutnya memasuki tahap pacaran. Bahwa hubungan antar dua insan yang berlainan ini sedikit banyaknya telah memiliki sebuah komitmen yang intinya kesepakatan bahwa " kamu " hanya " milikku " dan " aku " hanya " milikmu ", orang lain hanya mengontrak dan kita yang punya. Dan ahkirnya timbulnya perasaan " posesif " ( perasaan memliki yang kuat ) pada pasangannya.

    CATATAN : Secara sederhana tahap pacaran dapat terbagi menjadi tiga tahapan :
    • Pre-date        : masa awal pacaran
    • Dating           : tahap mengenal / penjajakan
    • Engagement  : masa pertunangan dan masa persiapan pernikahan         

    9. Tahap Pernikahan
    Inilah puncak dari segalanya, setelah melewati  masa pacaran dengan baik. Dengan saling mengikarkan janji suci untuk sehidup semati baik dalam sehat maupun dalam sakit, dalam keadaan kaya atau miskin dan hanya maut yang bisa memisahkan mereka. Sehingga ikrar suci pernikahan itu, mereka bukan lagi dua tetapi telah menjadi satu. Tahap ini memulainya sebuah babak baru, relasi yang ditandai dengan munculnya komitmen tanpa syarat untuk saling mencintai dan memiliki.

    Kalau tahap perkenalan merupakan sebuah pintu gerbang menuju ke tingkat pacaran, maka tahap pernikahan merupakan puncak dari tingkat hubungan paling akrab dan mulia yang dilakukan.

    CATATAN :  Pernikahan adalah komitmen tanpa syarat untuk saling mencintai dan memiliki.
    < >