Ucapan

Reaksi:


1. Ada yang menutuki diri sendiri
2. Ada yang mengutuki keturunannya
3. Ada yang mengutuki orang lain dengan menyebutkan nama-nama hewan
4. Ada yang menyatakan ikrar kepada iblis
5. Ada yang menyampaikan permohonan di kuburan
Adakah selama ini kita memandang ringan mengenai dampak dari ucapan yang di keluarkan oleh seseorang?

Efesus 4 : 29 Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik umtuk membangun, dimana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.

BANDINGKAN

Ibrani 13 : 15 Sebab itu marilah kita, oleh Dia, senantiasa mempersembahkan korban syukur kepada Allah, yaitu ucapan bibir yang memuliakan nama-Nya.

Ada 3 hal mengenai dampak dari ucapan :

1.
Ucapan dapat membawa “BENCANA

Matius 12: 36 Tetapi Aku berkata kepadamu : Setiap kata sia-sia yang di ucapkan orang harus di pertanggungjawabkannya pada hari penghakiman

Bandingkan

2 korintus 5 : 10 Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik taupun jahat.


Bagi anda yang memiliki bahasa lidah pun yang anda sendiri tidak mengerti yang anda banggakan selama ini, akan terkena juga.

1 korintus 14:9 Demikianlah juga kamu yang berkata-kata dengan bahasa roh: jika kamu tidak mempergunakan kata-kata yang jelas, bagaimanakah orang dapat mengerti apa yang kamu katakan? Kata-katamu sia-sia saja kamu ucapkan di udara!

Yeremia 23:36 Tetapi Sabda yang dibebankan oleh TUHAN janganlah kamu sebut-sebutkan lagi, sebab yang menjadi beban bagi setiap orang ialah perkataannya sendiri, oleh karena kamu telah memutarbalikkan perkataan-perkataan Allah yang hidup, TUHAN semesta alam, Allah kita.

2. Ucapan membawa “BERKAT”

Yesus mengajarkan bahwa didalam ucapan kita ada “KUASA”.

Raja Daud memahami sungguh perihal ucapan sehingga di dalam doanya ia berkata :
Mazmur 141:3 Awasilah mulutku, ya TUHAN, berjagalah pada pintu bibirku!


1 petrus 3:9 dan janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, atau caci maki dengan caci maki, tetapi sebaliknya, hendaklah kamu memberkati, karena untuk itulah kamu dipanggil, yaitu untuk memperoleh berkat.

3. Ucapan berbasis keselamatan atau kebinasaan


Roma 10:10 Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.
< >

Tidak ada komentar:

Posting Komentar