Langkah Mengembangkan Sikap Positif

Reaksi:

Berpikir positif agar menjalani hari-hari dalam hidup lebih baik. Nasehat ini seringkali tak mudah pada hakekatnya. Masalah yang muncul, hal-hal yang menyakiti hati dengan mudah memosisikan kita sebagai korban dari kejamnya hidup.

Hidup memang kejam , tetapi kita harus menjalaninya. Maka yang terbaik tentu jangan kalah terus-menerus. Dasar utama untuk kembali bangkit harus di mulai dalam otak kita, mengembangkan sikap berpkir positif

9 langkah dalam yang bisa di coba untuk mengatasi pikiran negatif :

1. Hidup disaat ini 

Memikirkan masalah lalu atau masa depan adalah hal yang selalu membuat kita cemas. Jarang sekali kita panik karena kejadian masa sekarang. Jika anda menenmukan pikiran anda terkukung dalam apa yang telah terjadi atau apa yang belum terjadi ingatlah bahwa hanya masa kini yang dapat kita kontrol.

2. Katakan hal positif pada diri sendiri
Katakanpada diri anda bahwa anda kuat, anda mampu. Katakanlah hal tersebut terus-menerus, kapanpun. Terutama, mulailah hari dengan mengatakanhal positif tentang diri sendiri dan hari itu, tidak peduli jika hari itu anda harus mengambil keputusan sulit ataupun anda tidak mempercayai apa yang telah anda katakan pada diri sendiri.

 3. Percaya pada kekuatan pikiran positif
Jika anda berpikir positif, hal-hal positif akan datang dan kesulitan-kesulitan akan terasa ringan. Sebaliknya, jika anda berpikiran negatif, hal-hal negatiflah yang akan menimpa anda. Hal ini adalah hukum universal, seperti layaknya hukum gravitasi atau penukaran energi. Tidak mudah untuk mengubah pola pikir anda, namun usahanya sebanding dengan hasil yang anda petik.

4. Jangan berdiam diri

Telesuri apa yang membuat anda berpikiran negatif, perbaiki, dan kembali maju. Jika hal tersebut tidak bisa diperbaiki lagi, berhenti mengeluh dan menyesal karena hal itu hanya akan menghabiskan waktu dan energi anda, juga membuat anda merasa tambah buruk. Terimalah apa yang telah terjadi, petik hikmah/pelajaran dari hal tersebut, dan kembali maju.

5. Fokus dan tulis hal-hal positif

Ketika kita sedang mengalami pikiran negatif, seringkali kita lupa akan apa yang kita miliki dan lebih berfokus kepada apa yang tidak kita mikili. Buatlah sebuah jurnal rasa bersyukur. Tidak masalah waktunya, tiap hari tulislah lima enam hal positif yang terjadi pada hari tersebut. Hal positif itu bisa berupa hal-hal besar ataupun sekedar hal-hal kecil seperti " hari ini cerah" atau "makan sore hari ini menakjubkan". Selama anda tetap konsisten melakukan kegiatan ini, hal ini mampu mengubah pemikiran negatif anda menjadi suatu pemikiran positif. Dan ketika anda mulai merasa berpikiran negatif, baca kembali jurnal tersebut. 

6. Bergeraklah

Berolahraga melepaskan endorphin yang mampu membuat perasaan anda menjadi lebih baik. Apakah itu sekedar berjalan mengelilingi blok ataupun berlari sepuluh kilometer, aktifitas fisik akan membuat diri kita merasa lebih baik. Ketika anda merasa down aktifitas olahraga lima belas menit dapat membuat anda merasa lebih baik.

7. Hadapi rasa takut.

Perasaan negatif muncul dari rasa takut, makin takut anda akan hidup, makin banyak pikiran negatif dalam diri anda. Jika anda takut akan sesuatu, lakukan sesuatu itu. Rasa takut adalah bagian dari hidup, namun kita memiliki pilihan untuk tidak membiarkan rasa takut menghentikan kita.

8. Coba hal-hal baru

Mencoba hal-hal baru juga dapa meningkatkan rasa percaya diri. Dengan mengatakan yang "YA" pada kehidupan anda, ini akan membuka lebih banyak kesempatan untuk bertumbuh. Jauhi pikiran dan perkataan  " ya, tapi...." Pengalaman baru, kecil atau besar, membuat hidup terasa lebih menyenangkan dan berguna.

9. Ubah cara pandang

Ketika seuatu tidak berjalan dengan baik, cari cara untuk melihat hal tersebut dari sudut pandang yang lebih positif. Dalam setiap tantangan terdapat keuntungan, dalam setiap keuntungan terdapat tantangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar